Kamis 14 Dec 2023 23:35 WIB

KONI Pusat Cek Kesiapan Arena PON 2028 di Lombok Tengah NTB

Salah satu arena yang dicek yakni GOR Poltekpar Lombok.

REPUBLIKA.CO.ID, PRAYA -- KONI Pusat melakukan pengecekan kesiapan arena Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 di Kabupaten Lombok Tengah, setelah Provinsi NTB bersama Provinsi NTT dipastikan menjadi tuan rumah penyelenggara.

"Lokasi arena penyelenggaraan pertandingan dari berbagai cabang olahraga akan disebar ke sejumlah daerah di NTB," kata Ketua KONI Lombok Tengah Samsul Qomar di Praya, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga

Sebagai persiapan awal, tim dari KONI Pusat mengecek sejumlah lokasi calon arena PON 2028 di Lombok Tengah, dipimpin Andi Hadianto selaku ketua tim didampingi sejumlah pengurus KONI NTB dan KONI Lombok Tengah.

"Salah satu arena yang dicek, yakni GOR Poltekpar Lombok. Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) bakal mendapat jatah cabang olahraga paling banyak, yakni enam cabang olahraga," katanya.

Ia menjelaskan, Lombok Tengah bakal mendapat jatah menyelenggarakan pertandingan enam cabang olahraga pada PON 2028, di antaranya voli indoor dengan arena direncanakan di GOR Poltekpar Lombok. Kemudian taekwondo di GOR Praya, road race dan sepatu roda di area sirkuit internasional Mandalika serta berkuda di arena pacuan kuda Sasake.

"Ditambah paralayang dan paragliding di kawasan Sky Lancing, Mekar Sari," katanya.

Meski arena yang dicek masih dalam tahap usulan, tapi dimungkinkan tidak akan mengalami perubahan sehingga tim KONI Pusat turun untuk memastikan bahwa calon arena sudah ada dan tinggal dilanjutkan dengan pembahasan teknis bersama pemerintah daerah untuk persiapannya.

“Soal cabang olahraga yang akan digelar di Lombok Tengah, KONI Pusat sudah memberikan gambaran. Arena juga sudah disiapkan. Tinggal pemantapan saja," katanya.

Mengingat penyelenggaraan PON 2028 masih cukup lama, pihaknya berharap penyiapan arena yang akan digunakan bisa dicicil supaya saat PON berlangsung semua arena sudah benar-benar siap digunakan serta telah memenuhi standar yang ditentukan.

Tidak kalah penting, lanjut dia, penunjukan Lombok Tengah sebagai tuan rumah sejumlah cabang olahraga pada PON 2028 akan semakin menegaskan branding Lombok Tengah sebagai destinasi sport tourism nasional.

“Prinsipnya, soal lokasi arena PON di Lombok Tengah sudah ada. Tinggal persiapan lebih lanjut. Supaya bisa sesuai dengan ketentuan yang ada," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement