Senin 18 Dec 2023 07:45 WIB

MU Tahan Imbang Liverpool di Anfield, Ten Hag: Kami Bisa Saja Menyakiti Mereka

Ten Hag menilai timnya bisa saja menjebol gawang Liverpool dari sedikit peluang.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Mohamed Salah dari Liverpool (kiri) dan Alejandro Garnacho dari Manchester United berebut bola saat pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Manchester United di stadion Anfield di Liverpool, Inggris, Ahad (17/12/2023).
Foto: AP Photo/Jon Super
Mohamed Salah dari Liverpool (kiri) dan Alejandro Garnacho dari Manchester United berebut bola saat pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Manchester United di stadion Anfield di Liverpool, Inggris, Ahad (17/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Manchester United (MU) berhasil menahan imbang tuan rumah Liverpool pada pekan ke-17 Liga Primer Inggris musim 2023/24. Papan skor di Stadion Anfield menunjukkan angka 0-0 dalam duel yang berakhir pada Senin (18/12/2023) dini hari WIB.

Jika mengacu pada berbagai faktor, situasi ini merupakan sebuah peningkatan bagi United. Pertama karena bigmatch tersebut, berlangsung di markas lawan. Puluhan ribu penggemar rival terus mengintimidasi Andre Onana dan rekan-rekan.

Baca Juga

Kedua, dalam beberapa pertemuan terakhir, Setan Merah tak berdaya. Bahkan dihajar habis-habisan. Musim lalu di arena yang sama, gawang MU dibobol tujuh gol tanpa balas. Apalagi kubu tamu turun tanpa dua andalan. Bruno Fernandes dilarang tampil. Harry Maguire cedera.

Setelah pertandingan pelatih MU Erik ten Hag senang menyaksikan kekompakan timnya. Semua berjuang, bersatu meredam setiap tekanan lawan.

"Mungkin satu-satunya kritik saya adalah penguasaan bola. Kami bisa saja lebih menyakiti mereka," kata Ten Hag, dikutip dari laman resmi klubnya.

The Red Devils hanya kebagian 31 persen dalam hal penguasaan bola. Itu karena tuan rumah sangat agresif menekan tinggi sehingga menyulitkan Alejandro Garnacho dkk untuk berkreasi.

Pada saat yang sama, Ten Hag menilai pasukannya memiliki peluang, meskipun sedikit. Statistik mencatat, MU melepaskan total enam tembakan. Hanya satu yang tepat sasaran.

"Kami mendapat satu, dua, tiga umpan, dan kami berhasil lolos. Kami bisa mencetak satu atau dua gol dari kesempatan tersebut, dan bahkan bisa memenangkan pertandingan. Namun saya pikir kami bertahan dengan sangat baik. Kami bergairah, bersemangat, juga cerdas," ujar juru taktik berkebangsaan Belanda ini.

Ia menilai Liverpool tim yang sangat bagus. Sebuah klub yang sudah terbiasa memainkan sepak bola menyerang dengan agresif. Ada banyak pergerakan lawan yang bisa membuat perbedaan.

"Anda harus bertahan dengan sangat disiplin. Pujian besar untuk tim. Kami melakukan itu," ujar Ten Hag.

Hasil ini membuat MU tertahan di urutan ketujuh klasemen sementara. Dengan mengantongi 28 poin, Setan Merah tertinggal enam angka di belakang Manchester City di urutan keempat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement