Selasa 19 Dec 2023 05:30 WIB

Menpora: Kesatria Bengawan Solo Tim Baru yang Siap Arungi Kompetisi IBL 2024

Kesatria Bengawan Solo akan bermarkas di Sritex Arena.

Kesatria Bengawan Solo bakal tampil sebagai kontestan terbaru Indonesian Basketball League (IBL) 2024.
Foto: Dok. Kbs
Kesatria Bengawan Solo bakal tampil sebagai kontestan terbaru Indonesian Basketball League (IBL) 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengatakan, Kesatria Bengawan Solo merupakan tim bola basket baru yang siap berkompetisi di Indonesian Basketball League (IBL) 2024 yang berhome base di GOR Sritex Arena Solo, Jawa Tengah.

"Kami menyambut gembira karena Tim Kesatria Bengawan Solo akan menjalani kompetisi IBL mulai pertengahan Januari 2024. Tim Kesatria Bengawan merupakan tim baru IBL yang dinakhodai oleh anak muda yang hebat yakni Yakup Hasibuan dan kawan-kawan," kata Menpora dalam acara peluncuran Tim Kesatria Bengawan Solo, di GOR Sritex Arena Solo, Senin (18/12/2023) malam.

Baca Juga

Hal tersebut, kata Menpora, berarti gairah dari sport industri khususnya di Liga Basket semakin menarik. Karena, para peminat atau investor atau pemilik klub tersebut melihat basket sebagai investasi terbaik. Hal ini, harus diapresiasi dan bisa dilihat antusiasme masyarakat di Kota Solo sangat tinggi dengan kehadiran klub basket ini.

"Saya rasa klub ini, juga dinanti-nanti masyarakat Solo dan Senin malam ini, peluncurannya. Saya melihat baru sekali peluncuran Klub IBL yang sudah memiliki basis pendukung yang dirasakan kuat di Solo," kata Menpora.

Selain itu, Kesatria Bengawan Solo juga dinilai kompetitif. Menpora mengapresiasi klub ini yang diharapkan bisa mewarnai industri basket nasional. serta mengangkat potensi basket di Solo maupun Jawa Tengah.

Menpora mengatakan pihaknya berupaya meningkatkan industri olahraga dengan mendorong daerah membuat GOR dengan kapasitas di atas 5.00 orang. Ini agar laga bola basket profesional atau voli indor bisa digelar. Imbasnya akan ada pemasukan dari dari penjualan tiket penonton yang hadir langsung ke lapangan.

Menurut Menpora, hal tersebut nantinya otomatis akan berdampak kepada kesejahteraan pemain, karena pemasukan tim semakin besar sehingga kesejahteraan pemain semakin tinggi. Menurut Menpora, untuk atlet profesional, jaminan kesehatan merupakan hal wajib. Bahkan, nasional didorong agar mendapatkan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga saat masuk masa tak produktif sudah memiliki tabungan.

Presiden Kesatria Bengawan Solo, Yakup Hasibuan mengatakan klub Kesatria Bengawan Solo melihat Kota Solo punya potensi sangat besar karena memiliki muda-mudi dari usia 16 tahun hingga usia kuliah.

"Kami memilih Solo sebagai tuan rumah karena potensi besar dan pendukungnya sangat luar biasa serta ingin memberi sesuatu kepada Solo," katanya. "Soal pemain Kesatria Bengawan Solo jago-jago sudah pasti. Namun, kami berkomitmen ingin memajukan bola basket di Kota Solo terutama pemain-pemainnya. Pemain Jateng juga luar biasa ada enam pemain asal daerah ini."

Menurut dia, awalnya mencari pemain baru sangat susah, tetapi ternyata ada enam pemain asal Jateng yang memperkuat Kesatria Bengawan Solo, yakni Tifan Pradita, Bryan Elang, Andrea Adriano, Samuel Devin, Nuke Tri Saputra, dan Bagus Dwi Cahyono. Keenam pemain ini memang asli Jateng sehingga cocok dengan misi visi klub.

Daftar pebasket Kesatria Bengawan Solo untuk IBL 2024: Samuel Devin Susanto, Ferdian Dwi Purwoko, Nuke Tri Saputra, Tifan Eka Pradita, Bagus Dwi Cahyono, Andre Adrianno, Andre Rorimpandey, Esha Ezra Yr Lapian, Katon Adjie Baskoro, Bryan Adha Elang Praditya, Kevin Moses Poetiray, Ruslan, Kentrel Debarius, Hengki Infandi, Jason Henry Copman, dan Taylor Johns.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement