Selasa 19 Dec 2023 21:12 WIB

Wenger Bela Format Piala Dunia Antarklub yang Baru di Tengah Kekhawatiran Kondisi Pemain

Wenger menilai Piala Dunia Antarklub format baru beri kesempatan bagi luar Eropa.

Mantan pelatih Arsenal yang sekarang menjadi pejabat FIFA Arsene Wenger
Foto: AP Photo/Michel Euler
Mantan pelatih Arsenal yang sekarang menjadi pejabat FIFA Arsene Wenger

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA Arsene Wenger mengatakan, keputusan badan sepak bola dunia itu untuk memperluas Piala Dunia Antarklub akan menguntungkan olahraga ini di luar Eropa. Ini ia sampaikan di tengah kritik terhadap dampak turnamen tersebut terhadap kalender sepak bola yang padat.

Pada Ahad (17/12/2023), FIFA mengumumkan Piala Dunia Antarklub akan menampilkan 32 tim dan akan dimainkan setiap empat tahun sekali mulai 2025. Badan pengatur sepak bola dunia itu juga mengumumkan Piala Interkontinental baru yang akan dimainkan setiap tahun dan akan mempertemukan pemenang Liga Champions UEFA di final melawan tim yang lolos dari babak playoff antarbenua.

Baca Juga

Pengumuman tersebut menuai kritik dari serikat pemain global FIFPRO serta World Leagues Forum (WLF) atas peningkatan beban kerja pemain dan risiko kesehatan. Wenger membalas kritik tersebut dengan mengatakan bahwa format Piala Dunia Antarklub yang telah diubah akan meningkatkan sumber daya bagi klub-klub di seluruh dunia.

"Di Eropa kami beruntung, tetapi penting bagi kami untuk membuat sepak bola benar-benar mendunia dan ini menciptakan peluang bagi klub lain untuk maju, ini adalah target yang sebenarnya," kata mantan manajer Arsenal ini.

Ia mengatakan, ini akan memberikan lebih banyak kesempatan kepada lebih banyak pemain di seluruh dunia untuk berkompetisi di level tertinggi. Wenger mengaku menerima bahwa kalender sepak bola sibuk. Namun, kata dia, ini kompetisi yang akan berlangsung setiap empat tahun dan tentu saja periode istirahat selama kompetisi dan setelahnya harus dihormati.

Wenger juga menunjuk pada peningkatan dalam bidang kedokteran dalam beberapa tahun terakhir, dengan mengatakan bahwa kesejahteraan pemain dan pencegahan cedera telah "meningkat secara dramatis".

"Tidak dapat dikenali dari yang dulu. Juga VAR telah membantu perlindungan pemain, karena pemain tahu bahwa mereka tidak dapat melarikan diri dari melakukan tekel buruk yang menyebabkan cedera," kata Wenger.

"Jadi secara keseluruhan ada peningkatan besar di sisi kesejahteraan, dan kami ingin melanjutkan kemajuan itu."

Versi Piala Dunia Antarklub saat ini - kompetisi tahunan dengan tujuh tim - akan dihentikan edisi turnamen 2023 yang tengah berlangsung di Arab Saudi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement