Selasa 19 Dec 2023 22:19 WIB

Xavi Minta Pemain Barcelona Lebih Tajam Tuntaskan Peluang demi Jaga Peluang Juara

Barcelona hanya memenangkan satu dari empat pertandingan terakhir mereka di La Liga.

Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez
Foto: EPA-EFE/Alejandro García
Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona harus bermain dengan lebih percaya diri untuk menghindari kemunduran yang mereka alami dalam beberapa pertandingan terakhir, kata pelatih Xavi Hernandez pada Selasa (19/12/2023), menjelang pertandingan La Liga melawan tim papan bawah Almeria.

Barcelona hanya memenangkan satu dari empat pertandingan terakhir mereka di La Liga, memberikan pukulan terhadap harapan mereka untuk mempertahankan gelar La Liga. Hasil ini membuat mereka berada di urutan ketiga klasemen, sembilan poin di belakang pemuncak klasemen Girona dan tujuh poin di belakang rivalnya, Real Madrid.

Baca Juga

Tim asal Katalunya ini ditahan imbang 1-1 di Valencia dalam pertandingan terakhir mereka di liga, di mana penyerang Robert Lewandowski melewatkan beberapa peluang, sebelum pemain Valencia Hugo Guillamon mencetak gol penyeimbang di menit ke-70.

"Kami kurang percaya diri di semua area dan harus lebih efektif dan tegas dalam bertahan dan menyerang," kata Xavi kepada para wartawan menjelang pertandingan Kamis (21/12/2023) dini hari WIB di Estadi Olimpic Lluis Companys melawan klub papan bawah Almeria.

Menurut Xavi, alasan Barcelona tertinggal sembilan poin dari Girona adalah karena kesalahan-kesalahan sendiri. Di pikirannya, ini perbedaan yang dapat diperbaiki. Baginya, ini persoalan tidak tergelincir dan mulai meraih kemenangan, dimulai dengan melawan Almeria.

"Untuk memenangi liga, kami harus mengambil langkah demi langkah, kami harus memenangi pertandingan. Kami membutuhkan para pendukung dan kami harus menampilkan performa yang lengkap, sesuatu yang belum kami lakukan," ujar Xavi.

Barcelona juga harus menghadapi serangkaian cedera yang menimpa para pemain kunci. Kiper Marc-Andre ter Stegen harus menjalani operasi punggung dan gelandang Spanyol Gavi yang harus absen karena cedera ligamen.

Xavi mengatakan Barca berharap dapat merekrut pemain baru pada bursa transfer Januari. Namun ia menambahkan, mereka akan membelanjakan uang sesuai kemampuan setelah mengalami kesulitan keuangan dalam beberapa tahun terakhir.

Xavi menambahkan, penyerang asal Brasil Vitor Roque, yang didatangkan dari klub Athletico Paranaense, akan bergabung dengan tim setelah jeda musim dingin La Liga.

sumber : Reuters

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement