Selasa 19 Dec 2023 22:51 WIB

Carrick: Lawan Port Vale di Piala Carabao, Rotasi Middlesbrough Terbatas

Boro akan bertandang ke Port Vale pada di tengah-tengah krisis cedera.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Michael Carrick.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Michael Carrick.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Michael Carrick mengakui bahwa pilihannya untuk merotasi tim Middlesbrough terbatas untuk pertandingan perempat final Carabao Cup di Port Vale, setelah sebelumnya sukses melakukan hal tersebut di babak sebelumnya.

Boro akan bertandang ke Port Vale pada di tengah-tengah krisis cedera yang besar, Rabu (20/12/2023). Delapan pemain absen dalam kemenangan di Swansea City pada hari Sabtu, dengan Carrick mengatakan bahwa pertandingan ini akan datang terlalu cepat bagi mereka. Seny Dieng juga mengalami cedera pada laga tersebut dan sedang menunggu hasil scan pada pahanya, meskipun ia tidak diharapkan untuk tampil di Vale Park, dengan Tom Glover akan menjadi penjaga gawang cadangan pada laga ini.

Baca Juga

Namun, bukan hanya di bawah mistar gawang saja Carrick telah melakukan rotasi di kompetisi ini, dengan Carrick sejauh ini telah merundingkan empat kemenangan Boro sebelumnya di kompetisi ini dengan perpaduan antara memberikan waktu bermain yang berharga bagi para pemain pinggiran, sementara juga mempertahankan tim yang cukup kuat untuk memenangkan setiap pertandingan.

Ini merupakan sebuah pujian atas kedalaman skuat Boro yang mampu melakukan hal tersebut, meskipun dengan keberuntungan karena bermain melawan tim-tim dari divisi yang lebih rendah sejak mengalahkan Huddersfield Town di putaran pertama. Banyak dari 12 rekrutan musim panas yang sangat diuntungkan dari perjalanan Boro di kompetisi ini - dengan pertandingan-pertandingan yang memberikan mereka menit bermain di lapangan saat mereka beradaptasi dengan liga dan klub baru.

Namun, dengan opsi yang dimiliki Carrick saat ini sangat terbatas, ia mengakui bahwa rotasi tidak akan menjadi sesuatu yang bisa ia lakukan untuk laga ini. Ia mengatakan, "Saya pikir Anda dapat menggunakan kompetisi dengan cara yang berbeda. Setiap klub akan memanfaatkannya dengan cara mereka sendiri. Kami selalu ingin berkembang dan kami tidak pernah memperlakukannya sebagai 'berikan semua orang satu pertandingan dan lihat apa yang akan terjadi."

Kami telah berhasil merotasi skuat dan memberikan pengalaman kepada para pemain lain sembari menyegarkannya. Namun, hal tersebut selalu dilakukan dengan tujuan untuk berkembang dan menjadi kompetitif. Kami tidak melihatnya sebagai sebuah beban untuk memainkan satu pertandingan sepak bola tambahan. Kami sangat senang berada di posisi ini.

Setiap pemain sangat penting saat ini dan semua orang dapat memberikan dampak, dan tidak ada contoh yang lebih besar daripada hari Sabtu. Dalam hal skuat utama dan para pemain senior, kami memiliki jumlah pemain yang sedikit dan hal tersebut membatasi pilihan dan oleh karena itu, kesempatan untuk melakukan rotasi 

"Dalam beberapa hal, ada keseimbangan, namun dalam hal lainnya, ini hanya masalah apa saja pilihan yang ada dan bagaimana kami bisa mengubahnya? Ada keseimbangan dalam hal kesegaran skuat juga. Namun pada akhirnya, ini adalah pertandingan yang sangat penting bagi kami. Kami harus melakukan pendekatan seperti yang kami lakukan di setiap pertandingan lainnya. Tentu saja, ini tidak kalah pentingnya, itu sudah pasti," ujarnya.

Dengan banyaknya pemain tim utama yang absen karena cedera, skuat Carrick telah diperkuat oleh para pemain akademi dalam beberapa pekan terakhir, dengan pemain berusia 17 tahun, Law McCabe, yang bahkan telah melakukan debutnya saat menang atas Preston North End. Sejak saat itu, belum ada kesempatan lain untuk melibatkan pemain muda di lapangan, namun hanya dengan terlibat saja sudah sangat bagus untuk mendapatkan pengalaman, sementara pertandingan piala ini dapat memberikan Carrick kesempatan yang lebih baik untuk melibatkan lebih banyak lagi pemain muda.

"Ini memberikan kami kesempatan besar bagi beberapa pemain muda untuk terlibat lagi, dan itu bagus untuk mereka," bos The Boro mengakui. "Jika para pemain muda bermain atau turun dari bangku cadangan maka kami akan membuat keputusan. Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk membuat langkah selanjutnya. Cedera tetaplah cedera dan kami akan melakukan yang terbaik. Kami telah melakukan yang terbaik sejauh ini dan kami akan terus melakukannya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement