Selasa 19 Dec 2023 10:06 WIB

Urawa Red Diamonds Vs Man City, Guardiola Kagum Perkembangan Sepak Bola Jepang

Urawa Red menantang Man City di semifinal Piala Dunia Antarklub 2023.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih Manchester City Pep Guardiola
Foto: EPA-EFE/VINCE MIGNOTT
Pelatih Manchester City Pep Guardiola

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola bersiap jelang semifinal Piala Dunia Antarklub 2023. Timnya bertemu klub Jepang, Urawa Red Diamonds di King Abdullah Sports City, Rabu (20/12/2023), pukul 01.00 WIB.

Pep mengaku merasa terhormat berada di turnamen ini. Pertama kalinya the Sky Blues lolos ke ajang tersebut. Tahun ini sekaligus menjadi edisi terakhir format lama.

Baca Juga

"Kami tahu betapa sulitnya memenangkan kompetisi ini, dan Anda harus melakukan sesuatu yang istimewa pada masa lalu," kata Guardiola, dikutip dari laman resmi klubnya, Selasa (19/12/2023).

Man City mendapat tiket Piala Dunia Antarklub 2023 sebagai wakil Benua Biru. Erling Haaland dan rekan-rekan merupakan juara bertahan Liga Champions Eropa. Kendati dari sisi sejarah masih cukup hijau, City tetap diunggulkan menjadi pemenang.

Meski demikian, Pep enggan jemawa. Juru taktik asal Katalunya itu menggunakan jurus andalannya. Ia membiarkan lawan terbuai. Ia menyampaikan sederet kalimat positif tentang sepak bola Jepang.

Menurut Guardiola, sepak bola Jepang berkembang pesat. Terutama dalam 10 tahun terakhir. Negeri Matahari terbit menghasilkan banyak pemain yang unggul dari sisi kecepatan, dan piawai saat melakukan transisi.

"Saya sangat menghormati mereka dan tentu saja saya ingin berada di final," ujar mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munchen ini.

Pep sudah memberikan 15 trofi untuk Man City. Itu terhitung sejak ia bergabung pada 2016, sampai saat ini. Namun, masib ada gelar yang belum ia dapatkan bersama klub tersebut.

Gelar Piala Dunia Antarklub satu-satunya trofi yang belum berada di kamar ganti the Sky Blues. Kesempatan membuat sejarah baru terbuka lebar. Sang arsitek menyadari hal itu.

"Kami ingin memenangi semua trofi yang bisa kami raih. Ini yang terakhir (yang belum diraih City)," ujar Guardiola.

Jika terhitung sejak musim lalu, City sudah mendapatkan empat gelar utama. Dimulai dari treble pada edisi 2022/23, lalu ditambah Piala Super Eropa. Kini, langkah pertama the Sky Blues adalah melewati adangan jawara Asia untuk makin dekat menuju trofi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement