Selasa 19 Dec 2023 23:50 WIB

Novak Djokovic Pernah Muak pada Diri Sendiri, Ingin Jadi Roger Federer atau Rafael Nadal

Kini Djokovic dikenal sebagai legenda tenis terhebat.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Petenis nomor satu dunia asal Serbia Novak Djokovic.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Petenis nomor satu dunia asal Serbia Novak Djokovic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan bintang ATP Jo-Wilfried Tsonga menyatakan bahwa Novak Djokovic pernah mengalami masa di mana ia tidak ingin menjadi dirinya sendiri" dan sebaliknya ingin menjadi Roger Federer atau Rafael Nadal. Mantan petenis nomor lima dunia ini percaya bahwa Djokovic kini telah menjadi dirinya sendiri dan berpendapat bahwa petenis Serbia ini akan dicintai jika ia benar-benar jujur dan menunjukkan citra pejuang sejak awal.

Pencapaian luar biasa dan persaingan 'Tiga Besar' Djokovic, Nadal, dan Federer menjadikan tahun-tahun yang dilalui oleh ketiga ikon ini sebagai periode keemasan dalam tenis.

Baca Juga

Djokovic dan Nadal telah berhadapan dalam rekor pertemuan di Era Terbuka putra sebanyak 59 kali dari tahun 2006 hingga 2022, dengan Djokovic unggul 30-29. Pasangan ini dapat melanjutkan persaingan mereka pada tahun 2024, dengan Nadal yang akan kembali dari cedera panjang.

Petenis Serbia berusia 36 tahun ini juga memenangkan 27 dari 50 pertandingan yang ia jalani melawan Federer antara tahun 2006 dan 2020, dengan legenda Swiss itu pensiun pada tahun 2022.

Petenis nomor satu dunia ini telah memenangkan rekor 24 gelar Grand Slam putra, sementara Nadal dan Federer berada di urutan kedua dan ketiga dalam daftar sepanjang masa dengan 22 dan 20 gelar.

Djokovic meraih tujuh gelar dari hanya 12 ajang ATP yang diikutinya tahun ini, saat ia memenangkan 56 dari 63 pertandingan di seluruh ajang (88,9%) dan mengakhiri musim sebagai petenis nomor satu dunia untuk kali kedelapan yang memecahkan rekor.

Petenis hebat ini memenangkan tiga dari empat turnamen Grand Slam pada tahun 2023, sementara ia juga menjadi runner-up di Wimbledon, kalah dalam final lima set yang epik dari Carlos Alcaraz.

Berbicara dalam podcast Generation Do It Yourself, Tsonga berpendapat bahwa Djokovic pernah ingin menjadi seperti dua rival terbesarnya, namun sejak saat itu ia telah merangkul citranya sendiri.

"Saya menganggap bahwa ia pernah mengalami masa di mana ia tidak ingin menjadi dirinya sendiri. Ia ingin menjadi Roger Federer atau Rafael Nadal, ketika mungkin ia seharusnya tetap menjadi dirinya sendiri," ujar petenis asal Prancis itu, Selasa (19/12/2023). 

"Saya pikir hari ini dia adalah dirinya sendiri. Dan meskipun itu memecah belah, saya pikir itulah mengapa hal itu dihargai oleh banyak orang. Karena sekarang dia benar-benar jujur.

Dia tidak melakukan sesuatu untuk dihargai. Dia melakukan sesuatu karena dia menganggap bahwa hal itu memang pantas dilakukan seperti itu. Kita mendapatkan banyak hal dari menjadi diri kita sendiri.

"Ia ingin melepaskan diri dari citra pejuang yang ia miliki, karena ia adalah seorang Serbia, yang mengalami hal-hal sulit di masa kecilnya. Jadi dia adalah seorang pejuang, dia seharusnya mengasumsikannya sejak awal. Saya rasa ia akan dicintai karena hal itu."

Tsonga mencapai final Australia Terbuka 2008 sebagai pemain yang tidak diunggulkan dan dikalahkan Djokovic dalam empat set saat petenis berusia 20 tahun itu meraih gelar Major pertamanya. Petenis Prancis itu memenangkan enam dari 23 pertandingan yang ia jalani melawan Djokovic dari 2008 hingga 2019

Petenis berusia 38 tahun itu - yang memenangkan 18 gelar ATP, termasuk dua gelar di level Masters 1000 - mengakhiri kariernya yang mengesankan selama 18 tahun setelah Prancis Terbuka 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement