Rabu 20 Dec 2023 08:16 WIB

City Raih Tiket Final Piala Dunia Antarklub, Guardiola Fokus Pemulihan Kondisi Pemain

Man City akan menghadapi Fluminense pada laga final Piala Dunia Antarklub.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih Manchester City Pep Guardiola.
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Pelatih Manchester City Pep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Manchester City terlalu perkasa bagi Urawa Red Diamonds saat kedua tim bertemu pada semifinal Piala Dunia Antarklub 2023. City unggul 3-0 atas Urawa Red di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Rabu (20/12/2023) dini hari WIB. Hasil yang mengantarkan wakil Eropa ini ke partai puncak, berhadapan dengan duta Amerika Selatan Fluminense di final.

Meskipun ini partisipasi pertama City di Piala Dunia Antarklub, pelatih Pep Guardiola tak mau berlebihan. Ia tak meminta pasukannya berlatih keras menuju final. Dengan suhu tinggi di Saudi dan padatnya jadwal mereka selama ini, fokus Guardiola ada pada pemulihan kondisi fisik para pemainnya.

Baca Juga

"Rencananya tidur, tidur, tidur, itu rencana kami," kata Guardiola, dikutip dari laman resmi klubnya.

"Sekarang kami harus istirahat. Kami akan mendapat satu hari libur, makan malam bersama, dan menciptakan lingkungan di mana para pemain tahu betapa pentingnya hal itu (trofi Piala Dunia) bagi klub," ujar juru taktik asal Katalunya ini menambahkan.

Duel City versus Fluminense akan berlangsung pada Sabtu (23/12/2023) dini hari WIB.

Seperti yang sudah dijelaskan Guardiola, di sela-sela persiapan, mereka memilki waktu untuk sekadar berkumpul bersama, melakukan hal-hal yang lebih ringan. Makan malam bersama, misalnya. Pada momen seperti itu, biasanya ia berbicara membakar semangat pasukannya.

Ia berbicara tentang target mereka. Satu-satunya gelar yang belum diraih City adalah Piala Dunia Antarklub. Berjaya di King Abdullah Sports City akhir pekan nanti akan membuat pencapaian the Citizens paripurna.

"Ini langkah terakhir, gelar yang belum dimiliki klub. Jadi kami akan mengupayakannya," ujar Pep menegaskan.

City akan mencipatkan sejumlah rekor jika berjaya di final. Pertama, mereka akhirnya mendapatkan trofi turnamen ini. Kedua, the Sky Blues berpotensi menjadi klub pertama Inggris yang memenangi lima trofi dalam satu tahun kalender.

Menarik dinantikan bagaimana kiprah Kyle Walker dan rekan-rekan nantinya. Meski Fluminense tak bisa diremehkan, Man City berstatus unggulan di partai puncak itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement