Kamis 21 Dec 2023 06:00 WIB

Sempat Buang-Buang Peluang, Barcelona Akhirnya Amankan Kemenangan Atas Almeria

Sergi Roberto mencetak dua gol untuk membawa Barcelona menang 3-2 atas Almeria.

Pemain Barcelona Sergi Roberto (tengah) mencetak gol kemenangan timnya atas Almeria dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Lluis Companys, Barcelona, Kamis (21/12/2023) dini hari WIB.,
Foto: AP Photo/Joan Monfort)
Pemain Barcelona Sergi Roberto (tengah) mencetak gol kemenangan timnya atas Almeria dalam lanjutan La Liga Spanyol di Stadion Lluis Companys, Barcelona, Kamis (21/12/2023) dini hari WIB.,

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Dua gol pada babak kedua dari Sergi Roberto memberikan Barcelona kemenangan 3-2 atas tim papan bawah Almeria dalam pertandingan La Liga Spanyol di kandang sendiri, Stadion Olimpiade Lluis Companys, Kamis (21/12/2023) dini hari WIB. Hasil ini membuat Barcelona mengakhiri catatan tanpa kemenangan dalam tiga pertandingan di semua kompetisi saat mereka memasuki libur Natal.

Barcelona, yang ditahan imbang 1-1 oleh Valencia dan takluk 2-4 di kandang sendiri oleh pemuncak klasemen Girona pada dua pertandingan liga sebelumnya, naik ke posisi ketiga dengan 38 poin dari 18 pertandingan.

Baca Juga

Blaugrana tertinggal enam poin di belakang Girona dan terpaut empat angka dari tim peringkat kedua Real Madrid, yang akan bertandang ke markas Real Betis dan Alaves pada Jumat (22/12/2023) dini hari WIB.

"Ada lebih banyak penderitaan dari yang saya harapkan dan dari yang seharusnya kami dapatkan," kata pelatih Xavi Hernandez, dikutip Reuters.

Ia mengatakan, timnya telah melepaskan 30 tembakan dan kemasukan dua gol. Babak pertama tidak dapat diterima oleh Xavi sebagai pelatih. Namun babak kedua lebih baik. 

"Kami banyak gagal dan kami telah melakukan itu selama satu setengah atau dua bulan. Tim tidak memiliki jiwa. Tim tidak memiliki jiwa seperti musim lalu. Baik agresivitas, maupun konsentrasi. Yang ada di babak kedua adalah Barca yang saya inginkan," kata Xavi.

Barcelona mendominasi babak pertama, tapi menyia-nyiakan sebagian besar dari 15 peluang mereka. Permainan menjadi imbang saat turun minum setelah penyerang Almeria, Leo Baptistao, menggetarkan gawang Barcelona. Gol yang awalnya dianulir karena offside, namun wasit membalikkan keputusannya setelah melihat tayangan VAR.

Sebelumnya, Raphinha telah membawa Barcelona unggul pada menit ke-33. Ia mencetak gol dari bola rebound dari jarak dekat, setelah penjaga gawang Almeria Luis Maximiano menggagalkan sundulan pemain bertahan Barcelona Ronald Araujo, yang menyambut sepak pojok.

Roberto mengembalikan keunggulan Barca pada menit ke-60, menyundul bola dari tendangan sudut. Namun Edgar Gonzalez menyamakan kedudukan untuk Almeria pada menit ke-71. Hingga akhirnya Roberto membawa Barcelona kembali unggul, dengan menyarangkan bola ke gawang Maximiano dari jarak dekat pada menit ke-83.

Pemain sayap berusia 31 tahun itu mencetak dua gol pertama dalam kariernya di Barcelona di semua kompetisi, setelah bermain lebih dari 350 pertandingan untuk klub Katalunya tersebut.

"Saya senang itu Sergi Roberto karena dia adalah contoh, baik ketika dia bermain atau tidak. Dia hampir mencetak hat-trick, tetapi di luar itu ada pekerjaannya, bagaimana dia menyemangati pemain lain. Saya ikut senang untuknya," tambah Xavi.

Barcelona selanjutnya akan bertandang ke markas tim papan tengah Las Palmas dalam lanjutan La Liga pada 4 Januari.

Almeria, yang belum meraih kemenangan di liga musim ini, masih berada di dasar klasemen dengan lima poin.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement