Jumat 22 Dec 2023 12:51 WIB

Ini yang Bikin Duel Manchester City Vs Fluminense akan Jadi Final Paling Menarik

Pelatih Fluminense punya sesuatu yang bisa menyakiti City.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Skuad Fluminense di Piala Dunia Antarklub.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Skuad Fluminense di Piala Dunia Antarklub.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Final Piala Dunia Antarklub FIFA 2023 antara Fluminense dari Brasil dan tim Liga Primer Inggris Manchester City pada Sabtu (23/12/2023) dini hari nanti adalah salah satu yang paling menarik di turnamen ini dalam beberapa tahun terakhir.

Bukan hal yang aneh melihat tim Brasil bertemu dengan tim dari Eropa, atau bahkan dari Inggris seperti yang terjadi dalam tiga dari lima final terakhir, tetapi jarang sekali kedua tim ini dibicarakan secara luas dalam arti taktis.

Baca Juga

Gaya sepak bola Pep Guardiola telah didokumentasikan secara luas. Waktunya menerapkannya di Manchester City merupakan babak terbaru dan tahap terbaru dari evolusinya.

Gaya pelatih kepala Fluminense, Fernando Diniz, mungkin dianggap sebagai gaya yang tidak terlalu terkenal, namun gaya ini telah menarik perhatian dan pertanyaan di berbagai halaman olahraga di berbagai media di dunia, meskipun hanya dalam bentuk pandangan yang hanya sekedar ingin tahu.

Sementara Guardiola sudah mapan dan sudah sangat berpengaruh, dengan katalog pemain yang luas; Diniz masih berada di bawah permukaan, diakui oleh para penggemar dan radikal, namun belum benar-benar menjadi terkenal.

Dia mungkin tidak akan pernah melakukannya, meskipun saat ini dia sedang menjadi pelatih sementara tim nasional Brazil, namun pertemuan dengan Manchester City dapat membantu. Sebuah kemenangan atau bahkan penampilan yang baik atas mereka akan membuat sebuah pernyataan.

Seperti kebanyakan sepak bola, dan juga olahraga secara keseluruhan, ini merupakan pertarungan sumber daya seperti halnya gaya dan pola pikir.

City memenangkan pertarungan sumber daya dengan jarak yang cukup jauh. Perusahaan induknya, City Football Group, bahkan memiliki sebuah tim - EC Bahia - di liga Fluminense, namun Fluminense yang mampu mengatasi rintangan akan menarik lebih banyak perhatian pada Dinizball.

Terlepas dari kehadiran mereka di panggung dunia berkat kemenangan kontinental, kedua tim telah berjuang di liga baru-baru ini.

Fluminense finis di urutan kedelapan di klasemen Serie A Brasil pada 2023 dan hanya lolos ke Libertadores 2024 sebagai juara bertahan. Jika bukan karena hal itu, mereka akan turun ke kompetisi kontinental Amerika Selatan, Copa Sudamericana.

Manchester City tidak tampil terlalu buruk namun tetap saja berada di tengah-tengah salah satu masa surut dalam masa kepelatihan Guardiola. Tim bertandang ke Arab Saudi setelah pertandingan melawan Crystal Palace yang membuat mereka harus melepaskan keunggulan 2-0.

Hasil imbang 2-2 melawan tim asuhan Roy Hodgson membuat City saat ini berada di posisi keempat di klasemen Liga Primer.

Pada saat klub kembali ke Inggris untuk pertandingan berikutnya melawan Everton yang sedang bangkit, mereka dapat berada di peringkat lima.

Kedua tim ini masih jauh dari performa terbaik mereka di liga domestik masing-masing saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement