Senin 25 Dec 2023 15:10 WIB

FIFA Ancam Bekukan Brasil Atas Pemecatan Presiden CBF oleh Pengadilan Lokal

FIFA menolak pemilihan presiden CBF dipercepat.

Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF).
Foto: wallpapercave.com
Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF).

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- FIFA memperingatkan Brasil pada Ahad (24/12/2023) bahwa mereka dapat menangguhkan tim nasional dan klub-klubnya dari kompetisi internasional jika intervensi yang dilakukan oleh pemerintah kepada badan sepak bolanya (CBF) mengarah pada pemilihan presiden baru pada Januari 2024.

FIFA mengatakan dalam sebuah surat kepada eksekutif badan sepak bola negara itu bahwa CBF dapat menghadapi skorsing jika tidak mengindahkan seruannya untuk menunggu pemilihan presiden sesuai waktunya. Bukan malah menggelar pemilihan cepat untuk menggantikan Ednaldo Rodrigues sebagai presiden. Dokumen FIFA tersebut diperoleh oleh The Associated Press.

Baca Juga

Pengadilan Rio de Janeiro memberhentikan Rodrigues dan semua orang yang ditunjuknya di CBF dari jabatannya pada 7 Desember karena ketidakberesan dalam pemilihannya tahun lalu. Dua pengadilan tertinggi di Brasil menguatkan keputusan tersebut pekan lalu.

Badan pengatur sepak bola FIFA secara historis menolak campur tangan pemerintah dan pihak ketiga dalam asosiasi anggotanya, yang pada akhirnya dapat membuat juara Piala Dunia lima kali, Brasil, tidak dapat berpartisipasi dalam kompetisi besar sampai krisis ini diselesaikan.

Keputusan pengadilan Rio juga menunjuk José Perdiz, kepala pengadilan olahraga tertinggi di Brasil, sebagai penengah untuk menyelenggarakan pemilihan presiden baru dalam waktu 30 hari kerja. FIFA mengatakan dalam surat sebelumnya kepada CBF bahwa mereka menganggap intervensi tersebut tidak semestinya.

Surat pada hari Minggu ditandatangani oleh Kenny Jean-Marie dari FIFA, kepala asosiasi anggota FIFA, dan wakil sekretaris jenderal CONMEBOL, Monserrat Jimenez Garcia.

FIFA dan badan sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL juga mengatakan dalam surat tersebut bahwa mereka akan membentuk sebuah komisi untuk membahas masalah ini di Brasil pada 8 Januari.

"FIFA dan CONMEBOL ingin menekankan dengan tegas bahwa, sampai misi tersebut berlangsung, tidak ada keputusan yang mempengaruhi CBF, termasuk pemilihan atau seruan untuk pemilihan, yang akan diambil. Jika hal ini tidak dihormati, FIFA tidak akan memiliki pilihan lain selain menyerahkan masalah ini kepada badan pengambil keputusan yang relevan untuk dipertimbangkan dan diputuskan, yang mungkin juga termasuk penangguhan," kata surat itu.

"Demi ketertiban, kami juga ingin menggarisbawahi bahwa jika CBF pada akhirnya ditangguhkan oleh badan FIFA yang relevan, CBF akan kehilangan semua hak keanggotaannya dengan segera dan hingga penangguhan tersebut dicabut oleh FIFA. Ini juga berarti bahwa perwakilan CBF dan tim-tim klub tidak lagi berhak untuk ambil bagian dalam kompetisi internasional apa pun selama CBF dibekukan," tambahnya.

Dokumen tersebut juga mengatakan bahwa setiap campur tangan yang tidak teratur dalam asosiasi anggotanya "dapat menyebabkan sanksi seperti yang diatur dalam Statuta FIFA, termasuk skorsing, dan ini bahkan jika pengaruh pihak ketiga itu adalah/bukan kesalahan asosiasi anggota yang bersangkutan."

Perdiz mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia melihat surat FIFA "sebagai tanda positif." Dia juga menambahkan bahwa dia akan "menyerukan pemilihan dalam tenggat waktu yang telah ditentukan, dengan transparansi dan integritas yang dituntut oleh FIFA."

Juru bicara Rodrigues tidak menanggapi permintaan komentar dari AP. Rodrigues pertama kali menjabat sebagai presiden sementara pada tahun 2021 setelah pendahulunya Rogerio Caboclo diskors. Media lokal melaporkan bahwa dia saat ini sedang dalam negosiasi dengan eksekutif sepak bola Brasil lainnya untuk mengajukan penawaran lagi untuk jabatan presiden dalam pemilihan baru atau untuk mendukung kandidat lain.

Masa jabatan Rodrigues akan berlangsung hingga 2026. Dia adalah presiden CBF lainnya yang menghadapi masalah hukum dalam beberapa tahun terakhir, meskipun dia tidak terlibat dalam kasus korupsi seperti para pendahulunya, Ricardo Teixeira, Jose Maria Marin dan Marco Polo del Nero.

Caboclo diberhentikan sementara dari kursi kepresidenan pada September 2021 sehubungan dengan kasus pelecehan seksual di CBF, yang membuka jalan bagi para wakil presiden untuk memilih Rodrigues sebagai presiden kulit hitam pertama di badan sepak bola tersebut.

Keputusan terhadap Rodrigues, 69 tahun, dapat merusak upaya Brasil untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita pada 2027 dan upayanya untuk mempekerjakan pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, untuk memimpin tim nasional tahun depan.

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement