Senin 11 Dec 2023 16:12 WIB

Jadi Incaran Klub Top Eropa, Wonderkid Asal Brasil Ini Pilih Bertahan di Corinthians

Kemampuan terbaik Mascardo bukan terletak pada torehan gol atau assist.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain klub Brasil Corinthians. Pemain muda Corinthians, Gabriel Marcado, kini menjadi incaran klub-klub top Eropa.
Foto: AP Photo/Victor R. Caivano
Para pemain klub Brasil Corinthians. Pemain muda Corinthians, Gabriel Marcado, kini menjadi incaran klub-klub top Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Nama Gabriel Marcado sontak menjadi sorotan saat dipercaya menghuni tim utama Corinthians pada pertengahan Liga Brasil musim ini. Performa gelandang bertahan berusia 18 tahun itu pun langsung menarik sejumlah tim pemandu bakat yang dikirim klub-klub top Eropa.

Dari 18 kesempatan tampil di Liga Brasil, Mascardo bahkan diberikan kesempatan tampil sebagai starter di 15 laga. Jebolan akademi sepak bola Corinthians itu pun berhasil menyumbang satu gol dan satu assist dari 18 penampilan di pentas Liga Brasil. Secara keseluruhan, Mascardo sudah dipercaya tampil di 37 laga di semua ajang pada musim ini.

Baca Juga

Kemampuan terbaik Mascardo memang bukan terletak pada torehan gol ataupun assist, melainkan pada kepiawaian membaca serangan lawan, akurasi passing, kemampuan melakukan intersep, dan membantu pertahanan. Selain itu, Mascardo juga dinilai memiliki kemampuan unik dalam melepaskan operan progresi dan menginisiasi serangan dari bidang lapangan sendiri.

Berdasarkan data FBRef, Mascardo mencatatkan rata-rata 84,3 persen akurasi per laga dan melakukan setidaknya 2,58 progresif passing per laga. Selain itu, Mascardo selalu mencatkan tekel sukses 1,81 per pertandingan dan intersep sebanyak 1,57 per laga. Catatan ini terbilang cukup impresif buat pemain yang baru menginjak usia 18 tahun. Sebutan wonderkid pun tersemat buat Mascardo.

Ujungnya, Mascardo mulai menjadi rebutan klub-klub top Eropa. Chelsea, Liverpool, dan Paris Saint-Germain (PSG) dilaporkan tertarik untuk mencapai kata sepakat dengan Corinthians terkait transfer Mascardo pada Januari 2024 mendatang.

Mascardo pun mengaku sudah mendengar sejumlah kabar terkait minat dari klub-klub top Eropa. Namun, pemilik satu caps buat timnas Brasil U-23 itu berharap bisa terus bertahan bersama Corinthians pada Januari 2024.

''Ada begitu banyak pembicaraan soal masa depan saya. Namun, saya senang mengenakan seragam klub besar ini dan saya sudah berada di sini sejak kecil. Saya menyerahkan rumor itu ke agen saya. Faktanya, saya akan kembali ke Corinthians pada Januari. Saya masih muda dan masih harus banyak belajar,'' kata Moscardo seperti dikutip La Gazeta Esportivo, Ahad (10/12/2023).

Sebelumnya, Chelsea disebut-sebut sudah menawarkan nilai transfer sebesar 20 juta euro buat Corinthians untuk melepas Mascardo. Selain Chelsea, PSG juga dilaporkan tertarik untuk memboyong Moscardo.

Direktur Olahraga PSG, Luis Campos, mengungkapkan, sudah mendapatkan informasi soal kemampuan Mascardo. Namun, Campos menegaskan belum ada kesepakatan apapun dengan Corinthians.

''Tentu saja, kami mendapatkan informasi soal talenta-talenta terbaik di dunia. Namun, belum ada kesepakatan apapun,'' kata Campos seperti dikutip jurnalis sepak bola asal Italia, Fabrizio Romano.

Dalam laporannya, Foot Mercato menyebut, PSG sebenarnya sudah melakukan pendekatan kepada Corinthians. Bahkan, PSG sudah menawarkan biaya transfer sebesar 22 juta euro. Namun, Corinthians bergeming atas tawaran tersebut dan dikabarkan baru rela melepas Moscardo dengan biaya transfer tidak kurang dari 40 juta euro.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement