Kamis 28 Dec 2023 09:50 WIB

Kekuatan Timnas Kita Bertambah, Hari Ini Jay Idzes Ambil Sumpah Setia sebagai WNI

Jay Idzes merupakan bek tangguh di Italia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) bersama bek asal Belanda yang memperkuat klub Liga Italia Serie B Venezia, Jay Idzes.
Foto: Dok. PSSI
Ketum PSSI Erick Thohir (kanan) bersama bek asal Belanda yang memperkuat klub Liga Italia Serie B Venezia, Jay Idzes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain keturunan asal Belanda, Jay Idzes menjalani proses sumpah dan janji setia sebaga warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur pada Kamis (28/12/2023). Jay Idzes tiba di gedung Kanwil Kemenkumham Jakarta sekitar pukul 08.00 WIB.

Menggunakan setelan jas, celana, serta kopiah berwarna hitam, dengan sepatu putih, Idzes mengikuti rangkaian pengambilan sumpahnya. Setibanya di gedung Kanwil Kemenkumham, Jay langsung masuk ke dalam. Tidak banyak interaksi dengan awak media, namun sang pemain tetap ramah.

Baca Juga

"Halo," kata Jay Idzes sambil masuk ke dalam ruangan bersama dengan rombongan, Kamis (28/12/2023).

Sebenarnya bukan hanya Jay Idzes yang diundang untuk menjalani upacara sumpah WNI, namun juga Nathan Tjoe-A-On. Hanya saja, pemain Swansea City itu berhalangan hadir karena masih ada urusan dengan klubnya.

Seperti diketahui, pada September 2023, pemain bernama lengkap Jay Noah Idzes yang bermain sebagai bek di klub Serie B Italia Venezia itu sudah bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Proses naturalisasi Idzes pun berlangsung singkat. Pada awal Desember ini, Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi keduanya. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

Sebelum Jay, PSSI telah merampungkan naturalisasi beberapa pemain keturunan seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner yang sudah resmi jadi WNI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement