Kamis 28 Dec 2023 10:05 WIB

Resmi Jadi WNI, Bek Tangguh Eropa: Demi Tuhan yang Maha Esa, Saya Melepaskan...

Dengan ini, bek di klub Serie B Italia Venezia itu siap membela timnas Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain keturunan asal Belanda, Jay Idzes telah menjalani proses sumpah dan janji setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur pada Kamis (28/12/2023).
Foto: Republika/Afrizal
Pemain keturunan asal Belanda, Jay Idzes telah menjalani proses sumpah dan janji setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur pada Kamis (28/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain keturunan asal Belanda, Jay Idzes telah menjalani proses sumpah dan janji setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta Timur pada Kamis (28/12/2023). Proses pengambilan sumpah WNI Jay Idzes dilakukan pada sekitar pukul 09.00 WIB. 

Menggunakan setelan jas, celana, serta kopiah berwarna hitam, dengan sepatu dan baju putih, Idzes mengikuti rangkaian pengambilan sumpahnya. Pengambilan sumpah WNI dipimpin Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Ibnu Choldun.

Baca Juga

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya melepaskan melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing, mengakui, tunduk dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan Undang Undang Dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya sebagai Warga Negara Indonesia dengan tulis ikhlas. Kiranya Tuhan menolong saya," kata Jay saat pengambilan sumpah WNI, Kamis (28/12/2023).

Dengan ini, bek di klub Serie B Italia Venezia itu siap membela timnas Indonesia dan diharapkan bisa meningkatkan level timnas Indonesia di kancah internasional.  Adapun ajang terdekat yang akan dilakoni timnas Indonesia adalah Piala Asia 2023 yang akan digelar pada Januari 2024. 

Namun, Idzes tampaknya tak bisa membela timnas Indonesia di ajang tersebut karena PSSI sebelumnya sudah mendaftarkan nama pemain saat Idzes belum resmi menjadi WNI. Kendari demikian, Jay berpeluang tampil melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Maret 2024.

Jay merupakan pemain ketujuh yang dinaturalisasi di era kepelatihan Shin Tae Yong. Sebelumnya ada Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner. Selanjutnya Jay akan mengurus kartu tanda penduduk dan paspor Indonesia. Setelah itu PSSI akan mengajukan permohonan pemindahan federasi dari KNVB ke PSSI sebagai proses akhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement