Kamis 28 Dec 2023 23:09 WIB

Arrigo Sacchi Akui Milan Buat Kesalahan Lepas Calhanoglu

Calhanoglu kini jadi pemain kunci di Inter Milan.

Playmaker Inter Milan Hakan Calhanoglu
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Playmaker Inter Milan Hakan Calhanoglu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pelatih AC Milan Arrigo Sacchi mengakui bahwa eks klubnya membuat kesalahan telah melapas Hakan Calhanoglu ke Inter Milan. Namun, ia menegaskan, hal seperti itu bisa terjadi dalam sepak bola.

Pemain internasional Turki ini telah menjadi salah satu pemain kunci Inter musim ini, dengan telah menyumbangkan 10 gol di Serie A. Menurut La Gazzetta dello Sport, pemain berusia 29 tahun ini juga telah menolak tawaran dari Liga Pro Saudi Al Hilal.

Baca Juga

Sacchi, mantan pelatih Italia dan Milan, berbicara tentang penampilan Calhanoglu bersama Inter dalam sebuah wawancara dengan La Gazzetta dello Sport, dikutip Football Italia, Kamis (28/12/2023).

"Ia tampil sangat baik dan melakukan banyak hal. Anda bisa melihatnya di semua area lapangan," ujar pelatih berusia 77 tahun ini.

Calhanoglu bergabung dengan Inter dengan status bebas transfer pada 2021, setelah kontraknya dengan Milan berakhir. Sacchi mengakui Rossoneri keliru tidak memperpanjang kontrak Calhanoglu.

"Melihat ke belakang, ya, tapi situasi seperti ini sering terjadi dalam sepak bola," aku Sacchi.

"Sebagai contoh, saya ditawari Andrea Pirlo saat saya masih menjadi direktur sepak bola, tapi saya tidak mengontraknya. Kemudian, Anda bisa melihat apa yang terjadi pada dirinya. Calhanoglu sudah terbukti kuat di Milan, namun ia bermain sebagai Trequartista. Sekarang berbeda, ia telah menjadi seorang pemimpin."

Sacchi mengakui Calhanoglu pemain lengkap dan dapat menjalankan semua peran di lini tengah. Pemain Turki ini bergerak dengan cerdas, tahu kapan dia harus melakukan umpan-umpan pendek atau memainkan bola-bola panjang. 

"Saya ulangi, ia adalah pesepak bola modern. Sebagai seorang Regista, ia termasuk di antara tiga pemain terbaik di dunia. Ia telah berkembang dengan luar biasa dan telah membuktikan bahwa Anda bisa sukses hanya dengan kerja keras dan kepercayaan diri. Ia adalah seorang pemimpin dan tahu bagaimana caranya memimpin tim, bahkan di laga-laga Champions," kata Sachhi yang.

Sacchi menyamakan Pirlo dengan Xavi saat masih memperkuat Barcelona. Ia juga menyanjung Luka Modric di Real Madrid dan Rodri di Manchester City.

Calhanoglu telah mencetak 20 gol dalam 116 penampilan bersama Nerazzurri sejak bergabung dengan klub dengan status bebas transfer pada tahun 2021. Ia baru saja memperpanjang kontraknya dengan raksasa Serie A. Kontraknya saat ini akan berakhir pada Juni 2027.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement