Ahad 31 Dec 2023 22:47 WIB

MU Dilaporkan tak Aktifkan Opsi Perpanjangan Kontrak Otomatis Raphael Varane

MU berisiko kehilangan Raphael Varane tanpa biaya transfer pada akhir musim ini.

Bek Manchester United Raphael Varane saat laga kontra Liverpool di Liga Primer Inggris.
Foto: EPA-EFE/ADAM VAUGHAN
Bek Manchester United Raphael Varane saat laga kontra Liverpool di Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United dilaporkan telah memutuskan untuk tidak menggunakan opsi perpanjangan kontrak Raphael Varane selama 12 bulan, seperti laporan Daily Mail, Ahad (31/12/2023). Langkah ini membuat sang pemain bertahan bebas untuk melakukan pembicaraan dengan klub-klub lain untuk transfer musim panas 2024. 

Kontrak pemain internasional Prancis itu saat ini akan habis pada akhir musim ini. Dalam klausulnya memberi MU opsi untuk memperpanjang secara otomatis, yang telah mereka tolak pada tenggat waktu 1 Januari.

Baca Juga

Namun, MU tetap tertarik untuk memperpanjang masa tinggal Varane di Old Trafford, dan berencana untuk membuka pembicaraan mengenai kesepakatan baru pada bulan depan. 

Mail Sport telah diberitahu bahwa MU menganggap gaji pemain berusia 30 tahun itu saat ini sebesar 340 ribu per pekan terlalu besar mengingat masalah cedera yang membuatnya hanya tampil sebagai starter dalam tujuh pertandingan Liga Primer Inggris pada musim ini. Memicu klausul perpanjangan kontrak akan membuat Varane tetap mendapatkan gaji sama tingginya, sementara manajemen MU ingin menegosiasikan kembali nominalnya.

MU juga berusaha untuk mengurangi gaji pemain berpenghasilan tertinggi mereka secara umum untuk membebaskan sumber daya bagi pemain baru pada musim panas mendatang, saat mereka berjuang untuk mematuhi Aturan Keuntungan dan Keberlanjutan Liga Primer. 

Varane menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Old Trafford setelah kepergian Cristiano Ronaldo dan David De Gea. Ia bergabung dengan Setan Merah lewat transfer sebesar 34 juta poundsterling dari Real Madrid, dua setengah tahun yang lalu.

Varane tetap menjadi bagian utama dari rencana Erik Ten Hag dan dia telah menjadi starter dalam dua pertandingan terakhir MU meskipun ada kekhawatiran mengenai kebugarannya. Namun klub sedang dalam kondisi tidak menentu saat mereka menunggu pembelian 25 persen saham oleh Sir Jim Ratcliffe disahkan oleh Liga Primer. 

Dengan menolak untuk mengambil opsi untuk memperpanjang kontrak Varane secara otomatis, MU mengambil risiko dia pergi tanpa biaya transfer pada akhir musim.

Pendekatan MU terhadap Varane mengulangi perlakuan mereka terhadap De Gea 12 bulan lalu ketika mereka memilih untuk tidak mengaktifkan klausul perpanjangan kontrak sang kiper karena mereka ingin mengurangi gajinya yang sebesar 375 ribu poundsterling per pekan. 

Pemain internasional Spanyol itu kemudian ditawari kontrak baru, tapi menolak untuk menerimanya dan meninggalkan klub pada musim panas lalu.

Varane telah menarik minat klub lamanya Madrid dan Bayern Munchen dalam beberapa pekan terakhir, tapi diyakini bahagia di MU. Selain Varane, Anthony Martial, Aaron Wan-Bissaka, Jonny Evans dan Tom Heaton juga tidak memiliki kontrak pada musim panas nanti. MU menolak untuk berkomentar soal hal ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement