Selasa 02 Jan 2024 09:55 WIB

Bukan Madrid, City atau PSG, Ini Klub Terbaik Eropa 2023 Berdasarkan Statistik

PSV memuncaki daftar dengan raihan 93 poin dari 36 laga di liga.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Para pemain PSV Eindhoven (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/OLAF KRAAK
Para pemain PSV Eindhoven (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City dinobatkan sebagai tim terbaik 2023 pada gala Ballon d'Or baru-baru ini di Paris. Ini didorong oleh capaian treble winners Liga Primer, Piala FA, dan Liga Champions. Skuad asuhan Pep Guardiola juga tak terkalahkan sepanjang 2023 di Stadion Etihad.

Namun, jika ada penghargaan yang memberikan penghargaan kepada tim tahunan terbaik berdasarkan statistik, penghargaan tersebut akan jatuh kepada tim Eredivisie, PSV Eindhoven.

Baca Juga

Situs web sepak bola ternama, BeSoccer, telah menyusun sebuah daftar yang memperhitungkan rata-rata poin untuk tahun ini di seluruh liga-liga besar Eropa. Tim asuhan Peter Bosz memuncaki daftar dengan raihan 93 poin dari 36 laga di liga, seperti dikutip dari laman AS, Selasa (2/1/2024). 

Statistik mereka setara dengan rata-rata 2,6 poin per pertandingan liga yang identik dengan raksasa Turki, Galatasaray. Sementara FC Porto yang berada di posisi kedua, dengan rata-rata 2,5 poin per pertandingan (34 pertandingan, 84 poin).

PSV hanya kalah tiga kali dari 54 pertandingan yang mereka mainkan pada tahun 2023 (5,5 persen) dan itu terjadi saat melawan Emmen, di Eredivisie (24 Januari; 1-0); melawan Sevilla, di Liga Europa (16 Februari; 3-0) dan melawan Arsenal, di Liga Champions edisi saat ini (4-0).

Hal ini, ditambah dengan persentase 74,07 persen kemenangan dalam 40 pertandingan ditambah dengan sebelas hasil imbang, mengukuhkan posisi mereka sebagai tim Eropa dengan persentase pertandingan tak terkalahkan tertinggi pada 2023, mencapai 94,44 persen.

PSV saat ini menjadi pemimpin klasemen sementara Eredivisie, unggul sepuluh poin atas Feyenoord. Tim kuat Belanda lainnya, Ajax, saat ini sedang berjuang. Tim asal Amsterdam itu berada di posisi kelima setelah awal yang buruk pada musim 2023/2024.

Rood-witten, julukan PSV, belum pernah kalah di Philips Stadion sejak 12 November (2022). Mereka mengumpulkan 22 kemenangan dan empat hasil imbang sejak saat itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement