Selasa 02 Jan 2024 10:09 WIB

10 Pemain Serie A yang akan Berstatus Agen Bebas pada Akhir Musim Ini

Adrien Rabiot belum yakin akan masa depannya di Juventus.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
 Pemain Juventus Adrien Rabiot (kedua kiri) usai mencetak gol ke gawang AS Roma dalam lanjutan Serie A Liga Italia.
Foto: EPA-EFE/Alessandro Di Marco
Pemain Juventus Adrien Rabiot (kedua kiri) usai mencetak gol ke gawang AS Roma dalam lanjutan Serie A Liga Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Januari merupakan masa klub berbelanja pemain. Pada bursa transfer musim dingin ini, satu klub bisa mengincar pemain dari klub lain, atau menegosiasikan perpanjangan kontrak dengan pemainnya sendiri.

Bicara soal kontrak, ternyata sederet nama besar akan habis masa kerjanya pada akhir musim ini di klubnya saat ini di Serie A. Itu artinya mereka bebas menandatangani perjanjian prakontrak dengan klub lain sebelum mereka bisa pindah dengan status bebas transfer pada musim panas. Opsi lainnya menerima perpanjangan kontrak dengan klub saat ini jika ditawarkan.

Baca Juga

Beberapa nama besar di Serie A dapat pergi dengan status bebas transfer di akhir musim. Seperti yang disorot oleh Transfermarkt, yang paling mahal adalah gelandang Juventus, Adrien Rabiot. 

Pencetak tiga gol musim ini, termasuk gol terakhirnya pada 2023 di Serie A bernilai 40 juta euro atau sekira Rp 680 miliar. 

Setelah pertandingan melawan AS Roma akhir pekan lalu, pemain asal Prancis itu mengatakan masih tidak yakin tentang masa depannya di Turin. Pemain berusia 28 tahun itu sebelumnya menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun dengan Juventus hingga 2023.

Berikutnya ada Piotr Zielinski, yang bernilai 30 juta euro atau sekira Rp 510 miliar. Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, baru-baru ini mengklaim bahwa pemain internasional Polandia itu mungkin tergoda untuk pindah ke utara. Bukan sebuah kebetulan bahwa Inter dan Juventus termasuk di antara klub-klub yang tertarik pada pemain berusia 29 tahun itu.

Pemain Lazio, Daichi Kamada, sudah tersedia secara gratis meskipun pindah ke Stadio Olimpico sebagai pemain bebas agen pada musim panas lalu. Namun, pemain internasional Jepang dan Biancocelesti dapat mengaktifkan klausul perpanjangan kontrak untuk musim depan.

Kiper Napoli dan pemenang Euro 2020, Alex Meret, juga dapat pergi pada akhir kontraknya pada bulan Juni. Hal serupa juga berlaku untuk pemain Lazio, Felipe Anderson, yang dilaporkan diinginkan oleh Juventus.

Christian Kouame dari Fiorentina dan Gaetano Castrovilli, juara Eropa bersama Italia, juga akan tersedia untuk klub pada bulan Juni 2024 tanpa perlu merogoh kocek. Nama lainnya, yakni Marten de Roon dari Atalanta, Pablo Mari dari Monza, dan Leonardo Spinazzola dari Roma.

Masih harus dilihat apakah Castrovilli akan tetap berada di Stadio Olimpico hingga akhir musim. Sebab, menurut Sky Sport Italia, Galatasaray telah mengincar pemain berusia 30 tahun itu pada bulan ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement