Selasa 02 Jan 2024 13:12 WIB

Membedah Pilihan Masa Depan Kylian Mbappe

Nama Real Madrid dan Liverpool masuk kandidat terkuat menggaet Mbappe.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kylian Mbappe dari PSG
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED BADRA
Kylian Mbappe dari PSG

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap bursa transfer dibuka, satu nama dipastikan jadi pembicaraan hangat dalam beberapa tahun ke belakang. Dia adalah Kylian Mbappe.

Mbappe sempat membuat heboh saat enggan menandatangani kontrak baru bersama Paris Saint-Germain (PSG). Ia diperkirakan akan hengkang ke Real Madrid. Namun ternyata Mbappe membubuhkan tanda tangannya untuk kontrak baru bersama klub kaya Prancis itu.

Baca Juga

Ia kembali membuat heboh karena menolak perpanjangan kontrak sampai 2025. Mbappe sempat dibekukan awal musim ini sampai akhirnya dikembalikan lagi ke dalam tim dan memberikan gol demi gol.

Akan tetapi langkahnya ini membuat Mbappe dapat secara terbuka berbicara dengan klub lain atau bahkan menandatangani perjanjian prakontrak mulai 1 Januari 2024. Peminat lama Real Madrid dan pemimpin klasemen Liga Primer Inggris Liverpool dikaitkan dengannya.

PSG memboyong Mbappe dari AS Monaco dengan status pinjaman pada 2017. PSG kemudian membayar 180 juta euro untuk mempermanenkannya. Namun, kini PSG terancam kehilangannya secara gratis karena kontraknya akan habis pada bulan Juni tahun ini.

Bintang Prancis itu adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa PSG dengan 233 gol meskipun baru berusia 25 tahun. Ia telah mencetak sekitar 46 gol untuk Les Bleus.

Namun, Mbappe terkadang merasa frustrasi di PSG, yang gagal mencapai perempat final Liga Champions dalam dua musim terakhir dan hanya mampu mencapai babak 16 besar di posisi kedua musim ini.

Meskipun telah mencetak 21 gol dalam 22 pertandingan di semua kompetisi sejauh musim ini, Mbappé gagal membuat dampak saat PSG kalah 4-1 di Newcastle dan 2-1 di AC Milan.

Rasa frustrasinya terlihat dalam beberapa pertandingan liga PSG selama tiga musim terakhir, ketika pertahanan yang buruk dan kurangnya kerja sama tim menyebabkan kebobolan gol-gol tipis.

Mbappé telah mengatakan bahwa ia ingin memenangkan Ballon d'Or - penghargaan individu paling bergengsi dalam sepak bola - dan Liga Champions. Namun apakah dia bisa memenangkan keduanya bersama PSG masih harus dilihat. Pada usia 25 tahun, mungkin ini saat yang tepat baginya untuk meninggalkan PSG saat dia memasuki tahun-tahun puncaknya.

Berikut ini opsi masa depan Mbappe:

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement