Selasa 02 Jan 2024 16:44 WIB

Butuh Amunisi Terbaik Menuju Euro 2024, Jerman Diminta Panggil Sosok Pensiunan Ini

Jerman pun akan jadi tuan rumah di ajang tersebut.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Toni Kroos dari Jerman bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Jerman di London, Inggris, 29 Juni 2021.
Foto: EPA-EFE/Frank Augstein
Toni Kroos dari Jerman bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Jerman di London, Inggris, 29 Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Mulai terdengar suara meminta Toni Kroos kembali ke tim nasional Jerman. Teranyar, Ottmar Hitzfeld menyerukan hal itu.

Hitzfeld merupakan pelatih legendaris asal Jerman. Tentu ia masih mengikuti perkembangan Der Panzer. Bukan rahasia lagi jika, salah satu raksasa dunia ini sedikit mengalami penurunan.

Baca Juga

Itu terlihat dari berbagai partai uji coba. Die Mannschaaft agak tersendat. Federasi (DFB) sampai memecat Hansi Flick. 

Sebagai gantinya, mereka mengontrak Julian Nagelsmann. Hitzfeld mendesak Nagelsmann memakai jasa Kroos. Menurutnya, berbagai kelebihan bintang Real Madrid ini, masih diperlukan timnas.

"Toni Kroos pemain yang sangat berpengalaman dan sangat sukses bersama Real Madrid. Jerman punya banyak gelandang bagus. Tapi saya pikir Kroos akan sangat bagus dengan berbekal pengalaman, kepintaran, dan kesederhanaannya," kata Hitzfeld, dikutip dari bavarianfootballworks.com, Selasa (2/1/2023).

Sejatinya Kroos yang mengundurkan diri dari timnas. Pada Juni 2021, ia memutuskan tak lagi bertugas membela negara di pentas internasional. Ia hanya ingin fokus bersama Madrid.

Pada saat yang sama, ia merasa memiliki lebih banyak waktu dengan keluarga. Ada yang menilai, Kroos telah melambat. Itu jadi alasan mengapa sang gelandang gantung sepatu dari panggung internasional.

Di beberapa kesempatan, ia diminta menanggapi hal itu. Eks Bayern Munchen ini, tak banyak bersuara. Ia lebih fokus menunjukkan aksi nyata di lapangan.

Belakangan, performa Kroos naik lagi. Sejak November tahun lalu, ia nyaris selalu menjadi starter  Los Blancos. Itu menunjukkan yang bersangkutan belum habis kendati sudah di atas kepala tiga.

Jerman butuh amunisi terbaik jelang agenda di depan mata. Der Panzer tuan rumah Euro 2024. Tak ada target lain.

Sebagai salah satu unggulan, mereka diharuskan mengejar trofi. Apalagi turnamen tersebut berlangsung di kandang sendiri. Nagelsmann harus memutar otak, guna merealisasikan asa tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement