Rabu 03 Jan 2024 14:32 WIB

Perubahan Jadwal Liga Primer Inggris Bikin David Moyes Frustrasi

Moyes tak bisa menurunkan Mohamed Kudus yang bersiap berlaga di Piala Afrika.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih West Ham United David Moyes
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Pelatih West Ham United David Moyes

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih West Ham United David Moyes frustrasi karena adanya pergantian jadwal di Liga Primer Inggris dalam beberapa hari terakhir. West Ham terkena dampaknya.

Pada laga terbaru, the Hammers ditahan imbang Brighton and Hove Albion. Papan skor di London Stadium, Rabu (3/1/2023) dini hari WIB, menunjukkan angka 0-0. 

Baca Juga

Kekecewaan Moyes bukan tentang hasil pertandingan itu, tapi lebih pada keputusan penyelenggara liga mengubah hari pertandingan. Itu membuat ia tidak bisa menurunkan Mohamed Kudus. Eks Ajax Amsterdam ini telah bergabung dengan Ghana menuju Piala Afrika.

Kudus pemain terbaik West Ham sepanjang musim ini bergulir. Ketidakhadirannya sangat terasa. Tuan rumah jarang memberikan masalah di pertahanan Brighton.

Sehari sebelumnya, Liverpool beruntung. The Reds masih bisa menurunkan Mohamed Salah ketika menghadapi Newcastle United. Salah mencetak dua gol saat Merseyside Merah menggebuk Newcastle 4-2. Setelah bigmatch tersebut, Salah langsung bergabung dengan rekan-rekannya di tim nasional Mesir. 

Sayangnya, West Ham kurang beruntung. Kudus harus meninggalkan tim karena sudah waktunya untuk menjalani pemusatan latihan timnas Ghana. Ini yang membuat Moyes kesal. Ia menyoroti keputusan perubahan jadwal disesuaikan dengan TV.

"Saya merasa itu sesuatu yang tidak benar. Saya hanya berpikir mengapa kami tidak bisa memiliki pemain Afrika (di awal tahun baru ini) seperti yang lain," kata Moyes, dikutip dari laman Independent.

Ia melihat Brighton berada di situasi yang sama. The Seagulls tanpa pemain Asia, di luar cederanya Kaoru Mitoma. Pasalnya, beberapa hari lagi turnamen Piala Asia 2023 akan berlangsung. 

Ia menegaskan, ini tidak ada hubungannya dengan performa. Kubu tamu juga tidak diperkuat sejumlah pemain penting. Ia hanya merasa perlu menyampaikan kegelisahannya.

West Ham sudah bermain sembilan kali dalam sebulan terakhir di berbagai ajang. Moyes merasa the Hammers menghasilkan sesuatu yang positif, secara khusus di Liga Primer. Jarrod Bowen dkk berhasil menumbangkan sejumlah tim besar.

"Secara keseluruhan, kami menjalani periode natal yang cemerlang dalam hal perolehan poin. Saya senang kami menang tiga kali, termasuk saat menghadapi Arsenal dan Manchester United. Dari sudut pandang kami, kami melakukan dengan sangat baik," ujar juru taktik kelahiran Glasgow ini.

West Ham menembus zona enam besar klasemen sementara liga domestik. Selanjutnya the Hammers bertemu Bristol City di putaran ketiga Piala FA, akhir pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement