Rabu 03 Jan 2024 22:38 WIB

Bukan Indonesia, Vietnam yang Diwaspadai Jepang di Grup D Piala Asia

Vietnam dipoles mantan pelatih timnas Jepang Philippe Troussier.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Timnas Vietnam berlatih di Jakarta (Ilustrasi). Republika/Prayogi
Foto: Republika/Prayogi.
Timnas Vietnam berlatih di Jakarta (Ilustrasi). Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih kepala timnas Jepang Hajime Moriyasu mewaspadai Vietnam yang akan dihadapi Samurai Biru pada pertandingan pembuka Piala Asia 2024 bulan ini. Laga antara Jepang melawan Vietnam akan menjadi duel pembuka Grup D yang berlangsung pada Ahad (14/1/2024).

Dalam wawancara pasca pertandingan saat Jepang menang 5-0 dalam pertandingan persahabatan melawan Thailand pada Senin (1/1/2023), Moriyasu mengakui Vietnam sebagai lawan yang tangguh. Ia mengatakan Vietnam dapat menimbulkan kesulitan bagi Jepang pada 14 Januari nanti.

Baca Juga

"Pelatih kepala Vietnam Philippe Troussier mengetahui sepak bola Jepang dengan sangat baik," kata Moriyasu, dikutip dari VN Express, Rabu (3/1/2024).

Ia menambahkan, Troussier melakukan pekerjaan yang baik bersama Vietnam. Ia menggabungkan pemain kunci berpengalaman dengan talenta muda untuk menjadikan Vietnam tim kuat. 

Jepang tidak terkalahkan melawan Vietnam dengan empat kemenangan dan satu kali seri. Hasil imbang 1-1 itu merupakan laga terakhir kedua tim saat bermain pada babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Moriyasu menunjukkan rasa hormatnya kepada Troussier, yang merupakan pelatih kepala Jepang pada tahun 2000. Dia juga menantikan untuk menghadapinya di Piala Asia tahun ini, karena Jepang mengincar kemenangan dan merebut gelar.

"Saya masih menyesal tidak menjuarai Piala Asia 2019. Untuk menjuarai Piala Dunia, tentu kita harus menjuarai Piala Asia terlebih dahulu," kata Moriyasu.

Jepang terakhir kali menjuarai Piala Asia pada 2011. Sebelumnya, mereka telah meraih gelar tersebut sebanyak tiga kali pada tahun 1992, 2000, dan 2004. Troussier membawa Jepang meraih trofi tersebut pada tahun 2000.

Jepang telah mengumumkan daftar skuad mereka yang terdiri dari 26 pemain untuk Piala Asia dengan banyak bintang bermain di Eropa. Samurai Biru akan menjalani pertandingan persahabatan terakhir melawan Yordania sebelum memasuki turnamen.

Piala Asia 2024 akan berlangsung mulai 12 Januari hingga 10 Februari di Qatar. Sebanyak 24 tim yang dibagi dalam enam grup akan bertanding dalam format round-robin. Dua tim teratas setiap grup dan empat tim peringkat ketiga terbaik akan memasuki babak 16 besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement