Jumat 05 Jan 2024 18:44 WIB

Arkhan Fikri dan Adam Alis Masih Berpeluang Tampil di Piala Asia, Kok Bisa?

Tim peserta Piala Asia bisa mengubah daftar pemain enam jam sebelum laga pertama.

Pemain timnas Indonesia Arkhan Fikri (kanan).
Foto: ANTARA FOTO/HO-Humas PSSI
Pemain timnas Indonesia Arkhan Fikri (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI sudah mendaftarkan 26 nama pemain untuk berlaga di Piala Asia 2023. Dari 28 nama yang dibawa ke Turki untuk menjalani pemusatan latihan, nama Arkhan Fikri dan Adam Alis tak termasuk di dalamnya.

Walau demikian, peluang keduanya untuk berlaga di Piala Asia masih terbuka. Sebab pelatih Shin Tae-yong baru akan mengumumkan 26 nama pemain pada 10 Januari dan Arkhan Fikri serta Adam Alis Setyano tetap dibawa ke Qatar. 

Baca Juga

"Memang sudah dirilis 26 pemain (oleh AFC), tetapi 28 yang akan dibawa ke Doha," kata Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI.

Shin Tae-yong menjelaskan, peluang Arkhan Fikri dan Adam Alis untuk bermain di Piala Asia 2023 belum sepenuhnya tertutup karena tim peserta masih bisa mengubah daftar pemain enam jam sebelum laga pertama. Syaratnya, pemain tersebut masuk dalam entry by name.

"Jadi, kepastiannya akan ditentukan tanggal 10 Januari, setelah lawan Iran. Karena secara regulasi, enam jam sebelum pertandingan dimulai, bisa ganti pemain-pemain juga," kata dia.

Awalnya, setiap tim peserta Piala Asia 2023 hanya bisa mendaftarkan 23 pemain ke AFC. Namun, konfederasi sepak bola Asia itu memutuskan untuk mengubah aturan setelah menerima usulan dari para pelatih usai gelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam ajang sepak bola terakbar itu, setiap tim bisa mendaftarkan 26 pemainnya.

Pernyataan itu sesuai yang dijelaskan melalui pasal 26 poin 6 di regulasi kompetisi AFC. Di situ dijelaskan bahwa pemain pengganti bisa tampil asalkan sebelumnya sudah mendapatkan akreditasi atau pengesahan dari AFC.

Sebelum bertolak ke Qatar, timnas Indonesia masih akan melakoni satu kali uji coba kontra Libya, Jumat (5/1/2024). Setelah uji coba tersebut, skuad Garuda bertolak ke Qatar. Di Qatar, masih ada satu agenda uji coba Skuad Garuda, yakni melawan Iran pada 9 Januari. 

Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari. Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam. Irak jadi lawan pertama Asnawi Mangkualam Bahar dkk pada 15 Januari, kemudian bertemu Vietnam (19/1/2024) dan terakhir menghadapi Jepang (24/1/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement