Sabtu 06 Jan 2024 20:40 WIB

Dramatis, Inter Milan Pastikan Kemenangan atas Verona untuk Jadi Juara Paruh Musim

Inter mencetak gol pada injury time dan tak kebobolan penalti jelang laga usai.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Inter Milan Lautaro Martinez merayakan gol ke gawang Hellas Verona dalam lanjutan Serie A Liga Italia.
Foto: AP Photo/Antonio Calanni
Penyerang Inter Milan Lautaro Martinez merayakan gol ke gawang Hellas Verona dalam lanjutan Serie A Liga Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inter Milan sukses memetik poin penuh saat menjamu Hellas Verona di Giuseppe Meazza pada pekan ke-19 Serie A 2023/2024, Sabtu (6/1/2024) malam WIB. Tuan rumah berjuang hingga menit-menit akhir untuk memastikan kemenangan 2-1 setelah sejumlah peluang berhasil digagalkan.

Kemenangan ini memastikan Inter sebagai juara paruh musim Serie A 2023/2024 alias Campione de Inverno. Dengan nilai 48 dari 19 laga, Inter unggul lima poin dari Juventus di posisi kedua yang belum memainkan laga pekan ke-19.

Baca Juga

Verona menggunakan kesempatan untuk menekan pada menit-menit awal pertandingan. Pada menit ketiga Ngonge berhasil memenangkan duel dan memotong ke dalam untuk menemukan Duda di dalam kotak.

Dia berada di ruang tembak dan melepaskan upayanya dari sudut sempit. Namun Yann Sommer mampu menangkis bola dengan kakinya.

Itu menjadi peluang pertama terbaik bagi tuan rumah. Namun Inter mulai memanas. Peluang didapatkan pada menit kesembilan. Verona tidak bisa menghalau bola karena Inter menumpuk banyak pemain di area mereka dan tendangan voli Barella melebar ke arah Augusto.

Ia kemudian melepaskan tembakan mendatar dari sisi kiri kotak penalti, namun Tchatchoua berhasil memblokirnya.

Pada menit ke-13, Inter berhasil memetik keunggulan. Mkhitaryan maju dan bermain satu-dua dengan Thuram. Dia mengoper bola kembali ke Martinez di dalam kotak, dan El Toro melakukan sisanya.

Martinez dengan tenang memasukkan bola ke sudut kanan bawah dengan bagian luar kakinya. Skor 1-0 untuk tim tuan rumah setelah awal permainan yang lambat.

Pada menit ke-26, Ngonge dan Tchatchoua bekerja sama di sisi kanan dan bek kanan memberikan umpan silang ke dalam kotak. Djuric bergerak di tengah dan menyundul bola dari jarak dekat. Namun bola mengarah langsung ke Sommer dan kiper Inter itu melakukan penyelamatan penting. 

Pada menit ke-35, Djuric menerima umpan silang Tchatchoua dari kanan. Namun serangkaian pantulan dari Bastoni dan Ngonge mengakibatkan penyerang Verona itu dihukum karena handball untuk mengakhiri peluang tim tamu. 

Percobaan lain dilakukan Inter untuk memperlebar kedudukan. Calhanoglu melepaskan tendangan bebas Inter ke kotak penalti, tapi Bastoni tak bisa menyelesaikannya. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. 

 

Pada menit ke-49 Inter berhasil menyarangkan bola ke gawang Verona. Umpan silang Mkhitaryan dari kiri disundul kembali melintasi gawang oleh Acerbi di tiang jauh, dan Martinez lebih dulu mencapainya untuk mengarahkan bola melewati Montipo. Namun, Acerbi lebih dulu offside dalam prosesnya. 

Barella dan Thuram bekerja sama di tepi kotak penalti sebelum umpan terakhir melebar ke Dumfries. Namun tendangan first time rendah bek kanan tersebut masih dapat diblokir Montipo. 

Henry masuk menggantikan Duric pada menit ke-73. Ia langsung membuat dampak instan dengan membawa Verona menyamakan kedudukan.

Duda memberikan umpan silang ke arah tiang. Henry bergerak di depan pengawalnya dan mendapatkan sentuhan penting untuk membuat bola melewati Sommer. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Inter nyaris mengembalikan keunggulan pada menit ke-79. Dimarco melepaskan tendangan bebas dan Pavard menyambut bola dengan mengarahkannya ke gawang. Montipo menangkis dengan luar biasa. Bola lepas membentur Arnautovic di tiang jauh dan memantul keluar dari mulut gawang.

Tuan rumah terus menekan dengan ancaman beruntun ke gawang Verona. Setelah beberapa percobaan yang gagal, gol akhirnya tercipta pada menit ketiga injury time. Bola rebound diselesaikan oleh Frattesi. 

Namun drama belum berakhir, VAR melihat adanya pelanggaran terhadap Magnani di kotak terlarang. Verona mendapat hadiah penalti. Namun tendangan penentu Henry membentur tiang. Kegagalan ini sekaligus memastikan kemenangan tuan rumah dengan skor 2-1.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement