Rabu 10 Jan 2024 06:32 WIB

Klopp: Dunia Saya tidak akan Sama tanpa Beckenbauer

Klopp mengaku terinspirasi oleh Beckenbauer.

Franz Beckenbauer.
Foto: AP Photo/Diether Endlicher
Franz Beckenbauer.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool asal Jerman, Jurgen Klopp, memberikan penghormatan kepada Franz Beckenbauer pada Selasa (9/1/2024), dengan mengatakan ia terinspirasi oleh pemain dan pelatih pemenang Piala Dunia dari negaranya itu sepanjang kariernya.

Beckenbauer, yang menjadi kapten tim saat menjuarai Piala Dunia pada 1974 dan memenangkan turnamen itu lagi sebagai pelatih pada 1990, meninggal dunia pada Ahad (7/1/2024) dalam usia 78 tahun, kata keluarganya pada Senin (8/1/2024).

Baca Juga

"Saya tidak ingin terdengar seperti kaset rusak tetapi dunia akan benar-benar menjadi tempat yang berbeda tanpa dia, setidaknya bagi saya," kata Klopp kepada laman Liverpool.

"Saya mendapat keistimewaan untuk mengenalnya sedikit lebih baik di sekitar Piala Dunia 2006 dan pada tahun 2005 (dengan) Piala Konfederasi. Cara dia melakukannya, ringan, ramah, tertawa, serius di saat-saat yang tepat, ini benar-benar menginspirasi. Dia tidak pernah berpura-pura menjadi lebih baik dari dirinya, dia selalu tahu bahwa dia membutuhkan bantuan, terutama sebagai seorang pelatih."

Klopp mengatakan tidak dapat berbicara dengan media Jerman pada Senin karena dia membutuhkan waktu untuk memproses kabar kematian Beckenbauer, yang memainkan peran besar dalam hidupnya.

"Dia mengajari saya sesuatu yang tidak saya ketahui saat itu, yang akan saya butuhkan dalam hidup saya: bahwa Anda bisa menjadi terkenal, Anda banyak di media, semua orang membicarakan Anda, dan Anda tetap bisa menjadi diri Anda sendiri," kata Klopp.

Klopp juga mengenang percakapan pribadinya dengan Beckenbauer dan istrinya, Heidi, saat perayaan ulang tahun ke-75 legenda Jerman itu. Klopp menambahkan, ia berbicara secara teratur dengan Beckenbauer dan keluarganya selama masa-masa sakitnya.

"Beberapa bulan yang lalu kami sempat berbicara melalui telepon dan ia baik-baik saja. Namun Anda menyadari bahwa ia tidak berada dalam kondisi prima dan kini ia berada di tempat yang lebih baik," kata Klopp.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement