Kamis 11 Jan 2024 23:03 WIB

Bundesliga Kembali Dimulai, Bayern Andalkan Harry Kane untuk Taklukkan Hoffenheim

Bayern berharap dapat memangkas jarak dari pemuncak klasemen Bayer Leverkusen.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang Bayern Munchen Harry Kane.
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Penyerang Bayern Munchen Harry Kane.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayern Munchen memulai tahun ini dengan pertandingan Bundesliga melawan tim tamu Hoffenheim di Allianz Arena pada Sabtu (13/1/2024) dini hari WIB. Bayern berharap dapat memangkas jarak dari pemuncak klasemen Bayer Leverkusen saat liga dilanjutkan setelah istirahat musim dingin selama tiga pekan.

Dibayangi oleh kematian legenda Jerman dan Bayern, Franz Beckenbauer, pekan lalu, dimulainya kembali Bundesliga tidak akan menjadi tugas yang mudah bagi tim asuhan Thomas Tuchel. Bayern saat ini berada di peringkat kedua, empat poin di belakang Leverkusen, tapi dengan satu pertandingan sisa lebih banyak di tangan.

Baca Juga

Beckenbauer, yang meninggal pada Ahad dalam usia 78 tahun, adalah bintang olahraga pertama Jerman yang mendunia. Ia membawa Jerman meraih gelar Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih pada tahun 1974 dan 1990, serta membantu membangun Bayern sebagai salah satu tim kelas atas di Eropa.

The Bavarians, yang mengejar rekor gelar juara liga ke-12 secara beruntun, masih jauh dari mendominasi musim ini. Lini pertahanan mereka yang tidak menentu menjadi sumber kekhawatiran.

Bayern belum aktif di bursa transfer meskipun mendapat tekanan dari Tuchel untuk mendatangkan seorang pemain bertahan. Sementara Hoffennheim, yang telah mencetak rata-rata dua gol dalam 16 pertandingan liga musim ini, akan memberikan ancaman serangan yang serius.

Namun, tim tamu memiliki pekerjaan rumah di lini pertahanan saat mereka berusaha untuk menghentikan penyerang Bayern Harry Kane yang telah mencetak 21 gol sejauh ini di Bundesliga. Pada musim pertamanya, kapten timnas Inggris ini seperti membayar harga mahal yang dibayarkan manajemen Bayern ke Tottenham Hotspur untuk merekrutnya, yakni 100 juta euro atau sekira Rp 1,7 triliun.

"Tidak banyak yang perlu dikatakan. Harry Kane adalah seorang penyerang kelas dunia dengan banyak pengalaman di level tertinggi. Dia adalah kapten tim nasional Inggris," kata pelatih Hoffenheim Pellegrino Matarazzo.

"Dia bergerak dengan cara yang cerdas dan penyelesaiannya luar biasa. Secara pertahanan, kami akan membutuhkan hari yang super."

Leverkusen asuhan Xabi Alonso tidak memiliki tugas yang lebih mudah, bertandang ke Augsburg tanpa sang penyerang utama mereka yang cedera, Victor Bonifasius, dan beberapa pemain lain yang absen.

Pemain asal Nigeria tersebut, yang telah mengantongi 10 gol dan menciptakan tujuh gol pada musim pertamanya di Bundesliga, menjalani operasi atas cedera otot adduktor dan akan absen setidaknya sampai bulan April.

Leverkusen juga kehilangan Odilon Kossounou, Edmond Tapsoba, dan Amine Adli, semuanya sedang menjalani tugas internasional di Piala Afrika saat mereka melanjutkan perburuan mereka untuk meraih gelar Bundesliga pertama untuk klub. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement