Jumat 12 Jan 2024 19:44 WIB

Fajar/Rian Tumbang, Indonesia tanpa Wakil di Semifinal Malaysia Open

Selain Fajar/Rian, Gregoria Mariska Tunjung Juga Terhenti di Perempat Final

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto beraksi di Malaysia Open.
Foto: dok PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto beraksi di Malaysia Open.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gugur di perempat final Malaysia Open 2024. Fajar/Rian kalah dalam duel tiga gim melawan pasangan China Liang Wei Keng/Wang Chang yang merupakan unggulan pertama dengan skor akhir 21-16, 17-21, 18-21 di Lapangan 2 Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/1/2024).

Dengan gugurnya Fajar/Rian, praktis tidak ada wakil Indonesia di semifinal Malaysia Open 2024. Sebab satu harapan lainnya, yaitu tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung juga takluk pada partai perempat final yang dimainkan pada hari yang sama melawan wakil China Chen Yu Fei dengan skor 13-21, 17-21.

Baca Juga

Pada pertandingan yang berlangsung 54 menit itu, Fajar/Rian sejatinya memulai pertandingan dengan baik dengan memenangi gim pertama dan unggul cukup jauh di interval gim kedua.

Pada gim pertama, kedua pasangan bermain ketat dengan saling kejar mengejar poin sampai skor menunjukkan 8-8. Setelah itu, Fajar/Rian menyabet tiga poin beruntun untuk menutup interval 11-8.

Selepas interval, Fajar/Rian menjaga keunggulan tiga poin dari Liang/Wang 14-11, 15-12. Keduanya bermain nyaman dengan smes-smes kencang yang menyulitkan Liang/Wang. Juara bertahan Malaysia Open itu lalu mencetak empat poin beruntun untuk membuat skor menjadi 19-13 ketika sang lawan melakukan kesalahan serve, bola melebar, hingga bola gagal melewati net.

Liang/Wang sempat mendapatkan satu poin untuk membuat skor 19-14, tapi pukulan pasangan China itu yang melebar membuat Fajar/Rian mendapatkan game point 20-14.

Dua kesempatan poin sempat gagal diamankan Fajar/Rian. Namun, pada kesempatan setelahnya, Fajar/Rian tak menyia-nyiakannya untuk menutup gim pertama dengan kemenangan 21-16.

Pada gim kedua, permainan apik Fajar/Rian berlanjut. Keduanya unggul jauh 4-1, 6-2, sebelum kemudian menutup interval dengan keunggulan empat poin 11-7.

Namun, setelahnya, Liang/Wang memetik empat poin beruntung untuk menyamakan skor 11-11. Dari situ, permainan gemilang Fajar/Rian tampak goyah. Kedua pasangan lalu bermain ketat di mana saling menyalip poin terjadi.

Puncaknya, saat memasuki skor 17-17, Fajar/Rian beberapa kali melakukan kesalahan sehingga Liang/Wang memetik empat poin beruntun untuk membuat gim kedua menjadi milik keduanya dengan skor 21-17.

Memasuki gim ketiga, Fajar/Rian tak mengawali pertandingan seperti awal-awal gim pertama dan kedua. Keduanya kesulitan mengembangkan permainan dengan selalu tertinggal dari Liang/Wang 5-8, 6-8, 6-11.

Selepas interval, Fajar/Rian tertinggal enam poin saat skor menunjukkan 8-14. Namun, juara All England 2024 itu lalu mencetak empat poin beruntun untuk memangkas jarak poin menjadi 12-14.

Namun momentum empat poin beruntun gagal dimanfaatkan Fajar/Rian di mana keduanya kembali tertinggal jauh 12-17, 15-19, 16-20.

Fajar/Rian sempat merajut asa ketika meraih dua poin beruntun saat mengubah skor 18-20. Namun, di tengah ketegangan, Rian membuat kesalahan serve dan hal ini membuat Liang/Wang menyelesaikan gim ketiga dengan kemenangan 21-18 dan melaju ke semifinal Malaysia Open 2024.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement