Ahad 14 Jan 2024 23:39 WIB

Comeback Lawan Vietnam, Jepang Tunjukkan Taring ke Indonesia dan Irak

Jepang mampu memberikan yang terbaik di lapangan.

Jepang bangkit dari ketinggalan untuk menang 4-2 atas Vietnam pada pertandingan Grup D Piala Asia 2024 di Stadion Al Thumana, Doha, Ahad (14/1/2024).
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Jepang bangkit dari ketinggalan untuk menang 4-2 atas Vietnam pada pertandingan Grup D Piala Asia 2024 di Stadion Al Thumana, Doha, Ahad (14/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jepang bangkit dari ketinggalan untuk menang 4-2 atas Vietnam pada pertandingan Grup D Piala Asia 2024 di Stadion Al Thumana, Doha, Ahad (14/1/2024).

Dengan hasil ini, Jepang berhak memuncaki klasemen sementara Grup D dengan tiga poin. Sedangkan Vietnam menghuni dasar klasemen dengan nol poin, demikian catatan laman resmi AFC.

Baca Juga

Pasukan Hajime Moriyasu bertekad ingin meraih gelar Piala Asia kelimanya, dan terlihat akan menang mudah saat Takumi Minamino membawa mereka unggul pada menit ke-11. Diawali sepakan Yukinari Sugawara ke kotak penalti, bola terdefleksi seorang pemain bertahan Vietnam dan Minamino tidak membuang peluang untuk menyambar bola pantul.

Vietnam lantas mampu menyamakan kedudukan empat menit berselang. Nguyen Dinh Bac menyundul bola tendangan sudut untuk melesat masuk ke gawang yang dikawal kiper Zion Suzuki.

Pada menit ke-33, Vietnam justru berhasil membalikkan situasi. Bek Bui Hoang Viet Anh menyundul bola tendangan bebas ke tiang jauh, bola berhasil ditepis kiper Suzuki, tetapi bola justru kemudian mengarah ke arah Pham Tuan Hai yang menceploskannya ke gawang Jepang.

photo
Vietnams Pham Tuan Hai, left, celebrates after scoring his sides second goal during the Asian Cup Group D soccer match between Japan and Vietnam at Al Thumama Stadium in Doha, Qatar, Sunday, Jan. 14, 2024. - (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Sayangnya Vietnam gagal menciptakan kejutan selanjutnya, dan justru kemasukan sebelum turun minum.

Pada menit ke-45, Wataru Endo mengirim bola kepada mantan pemain Liverpool Minamino, dan penyerang AS Monaco itu kemudian melesakkan sepakan tanpa mengontrol bola yang masuk ke arah tiang jauh gawang Vietnam. Kedudukan pun menjadi imbang 2-2.

Jepang lantas berbalik unggul pada menit ke-45+9. Keito Nakamura melesakkan sepakan dari tepi kotak penalti, yang bersarang ke gawang Filip Nguyen.

Tempo permainan menurun dengan signifikan pada babak kedua, namun pemain pengganti Ayase Ueda masih mampu mengemas gol keempat Jepang pada menit ke-85.

Timnas Indonesia akan bermain melawan Irak pada pertandingan pembukaan mereka di Grup D pada Senin (15/1/2024). 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement