Selasa 16 Jan 2024 06:47 WIB

Lionel Messi Kalahkan Haaland dan Mbappe dalam Penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA

Messi tidak hadir di London untuk menerima penghargaan tersebut.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Bintang ARgentina Lionel Messi meraih gelar Pemain Terbaik Pria FIFA 2023
Foto: AP Photo/Gustavo Garello
Bintang ARgentina Lionel Messi meraih gelar Pemain Terbaik Pria FIFA 2023

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Lionel Messi memenangi penghargaan Pemain Terbaik Pria FIFA untuk ketiga kalinya pada Senin (15/1/2024). Ia mengalahkan bintang Manchester City Erling Haaland dan penyerang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Rentang waktu untuk penghargaan ini adalah antara 19 Desember 2022 - sehari setelah Messi membawa Argentina memenangkan Piala Dunia di Qatar - dan 20 Agustus 2023.

Baca Juga

Messi memenangi penghargaan ini sebagian besar atas kiprahnya di PSG dan Inter Miami, setelah membantu klub raksasa Prancis tersebut meraih gelar Ligue 1 sebelum pindah ke MLS pada bulan Juli dan menginspirasi Miami untuk meraih trofi pertama mereka, Piala Liga.

Di level internasional, Messi membantu Argentina memuncaki klasemen kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 CONMEBOL setelah enam pertandingan.

Messi tidak hadir di London untuk menerima penghargaan tersebut.

Tiga nominasi untuk penghargaan ini disusun, kata FIFA, bekerja sama dengan "para pemangku kepentingan sepak bola", dengan daftar pendek ditentukan oleh dua panel terpisah yang terdiri dari mantan pemain dan pelatih. Pemenang penghargaan tersebut kemudian dipilih oleh para jurnalis, penggemar, kapten tim nasional, dan manajer.

Penghargaan ini merupakan gelar FIFA The Best ketiga bagi Messi - yang pertama diraihnya pada 2019 dan yang kedua diraihnya tahun lalu. Dia juga telah memenangkan delapan penghargaan Ballon d'Or.

Messi mengalami hal luar biasa pada2023. Pada paruh pertama, ia memenangi Liga Prancis untuk kedua kalinya, tetapi dicemooh oleh para penggemar di pertandingan terakhirnya setelah tersingkir dari babak 16 besar Liga Champions untuk kedua kalinya secara beruntun.

Puncak musim Messi terjadi setelah dia bergabung dengan Miami pada bulan Juli, ketika dia dengan cepat menginspirasi klub untuk memenangkan Piala Liga dengan serangkaian aksi heroik individu, meskipun klub tersebut gagal lolos ke babak Playoff MLS.

Haaland bergabung dengan City dari Borussia Dortmund pada Juni 2022 dan membantu klub meraih treble bersejarah pada musim debutnya. Ia a mencetak 52 gol dalam 53 pertandingan di semua kompetisi, termasuk 36 gol di Liga Primer Inggris yang menjadi rekor gol terbanyak dalam satu musim.

Pemain internasional Norwegia itu juga menikmati masa produktif yang sama musim ini, dengan 19 gol dalam 22 pertandingan di semua kompetisi.

Mbappe bermain bersama Messi di PSG pada akhir musim lalu, dan pemain internasional Prancis itu memilih untuk bertahan di klub. Ia terus memimpin daftar pencetak gol Ligue 1, meskipun dapat pergi pada akhir musim dengan kontraknya yang akan berakhir pada Juni.

Daftar lengkap penghargaan FIFA The Best untuk pria

Penghargaan Puskas: Guilherme Madruga (Botafogo-SP)

Penghargaan Fair Play FIFA: Para pemain pria senior Brasil

Penghargaan Penggemar FIFA: Hugo Miguel Iniguez

Pelatih Pria Terbaik Tahun Ini: Pep Guardiola

Penjaga Gawang Pria Terbaik Tahun Ini: Ederson (Man City)

Tim Terbaik Dunia Pria:

Penjaga gawang Thibaut Courtois (Real Madrid)

Pertahanan: John Stones (Man City), Kyle Walker (Man City), Rúben Dias (Man City)

Lini tengah: Bernardo Silva (Man City), Jude Bellingham (Real Madrid), Kevin De Bruyne (Man City)

Penyerang: Erling Haaland (Man City), Kylian Mbappé (PSG), Lionel Messi (Inter Miami), Vinícius Júnior 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement