Selasa 16 Jan 2024 21:47 WIB

AS Roma Tunjuk De Rossi Sebagai Pengganti Mourinho di Kursi Pelatih

De Rossi akan memulai tugasnya saat Roma menghadapi Verona akhir pekan ini.

Pelatih baru AS Roma, Daniele De Rossi. (kiri)
Foto: EPA/Estela Silva
Pelatih baru AS Roma, Daniele De Rossi. (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- AS Roma menunjuk mantan pemain mereka Daniele De Rossi sebagai pelatih baru hingga akhir musim, beberapa jam setelah berpisah dengan pelatih Jose Mourinho pada Selasa (16/1/2024).

Mourinho dipecat setelah Roma berada di urutan kesembilan di liga akibat kekalahan 3-1 dari AC Milan pada Senin (15/1/2024) dini hari WIB.

Baca Juga

Roma telah berjuang untuk mengatasi hilangnya pemain kunci karena cedera, termasuk striker Paulo Dybala. I Lupi tertinggal 22 poin dari pemuncak klasemen Inter Milan.

"AS Roma dengan senang hati mengonfirmasi bahwa Daniele De Rossi telah ditunjuk sebagai pelatih kepala hingga 30 Juni 2024," kata klub Serie A itu dalam sebuah pernyataan.

"Setelah 18 tahun berkarier bersama AS Roma, De Rossi akan kembali ke rumah sebagai pelatih kepala, dengan pertandingan pertamanya adalah pertandingan Serie A yang akan datang melawan Verona pada Sabtu malam di Stadion Olimpico."

Roma hanya meraih empat poin dari lima pertandingan liga terakhir mereka, dan tersingkir dari Coppa Italia pekan lalu dengan kekalahan 1-0 dari rivalnya, Lazio.

Setelah kekalahan itu, Mourinho menyamakan dirinya dengan penyihir fiksi Harry Potter, mengatakan bahwa posisinya di klub meningkatkan ekspektasi para penggemar untuk meraih kesuksesan.

Dia juga membalas kritik, dengan menyebut dirinya sebagai contoh profesionalisme yang sempurna, meskipun timnya mengalami hasil buruk baru-baru ini.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Jose atas nama kami semua di AS Roma atas semangat dan upayanya sejak kedatangannya di klub," kata pemilik klub, Dan dan Ryan Friedkin, dalam sebuah pernyataan sebelumnya.

"Kami akan selalu memiliki kenangan indah tentang masa jabatannya di Roma, tetapi kami percaya bahwa perubahan segera adalah demi kepentingan terbaik klub.

"Kami mendoakan yang terbaik untuk Jose dan para asistennya dalam upaya mereka di masa depan."

Mourinho, yang telah melatih sejumlah klub top Eropa termasuk Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid dan Manchester United, ditunjuk sebagai pelatih Roma pada tahun 2021.

Di bawah asuhan pelatih asal Portugal itu, Roma menjuarai Liga Konferensi Eropa pada tahun 2022. Dia juga membawa mereka ke final Liga Europa pada 2023, di mana mereka dikalahkan Sevilla lewat adu penalti.

Roma selanjutnya akan menjamu tim peringkat 18 Verona pada Ahad (21/1/2024) dini hari WIB.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement