Sabtu 20 Jan 2024 02:27 WIB

Indonesia Kalahkan Vietnam, Ini Hitung-hitungan untuk Lolos ke 16 Besar Piala Asia

Menahan imbang Jepang pada laga terakhir memperbesar peluang Indonesia lolos.

Kapten timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (tengah) selepas membobol gawang Vietnam di Piala Asia lewat tendangan penalti.
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Kapten timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (tengah) selepas membobol gawang Vietnam di Piala Asia lewat tendangan penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia meraih kemenangan krusial pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023. Indonesia menaklukkan Vietnam 1-0 lewat gol penalti Asnawi Mangkualam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Hasil ini membuka peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar, minimal dari jalur salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. Sebab andai kalah pada laga terakhir, posisi Indonesia tak akan berubah di peringkat tiga Grup D.

Baca Juga

Saat ini, dari enam tim peringkat ketiga, Indonesia berada di posisi teratas dengan tiga poin dan selisih gol -1. Hanya, tim-tim di bawahnya berpeluang menyodok melihat peluang pada laga terakhir yang mereka mainkan.

Indonesia akan lolos sebagai runner-up Grup D di bawah Irak jika mengalahkan Jepang pada laga terakhir. Andai cuma bisa menahan imbang, peluang untuk lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik masih cukup besar melihat posisi dari tim-tim di grup lain. 

Yang jadi masalah jika Indonesia kalah, terlebih dengan skor besar. Ini membuat Indonesia harus menanti dan berharap tim-tim dari grup lainnya gagal melewati Indonesia dalam perhitungan tim peringkat ketiga terbaik.

Di Grup A misalnya, Tajikistan dan Lebanon yang menempati posisi tiga dan empat sama-sama mengoleksi nilai satu. Kedua tim akan berhadapan pada laga terakhir.

Indonesia berharap kedua tim ini bermain imbang. Sebab jika ada pemenang, terlebih dengan skor besar,  perhitungan selisih gol Indonesia akan kalah meskipun misalnya kita bisa menahan imbang Jepang. 

Di Grup B, Suriah yang menempati posisi dua mengoleksi satu poin, sementara India nol. Kedua tim juga berhadapan pada laga terakhir penyisihan grup.

Skenerio terbaik adalah Suriah bermain imbang melawan India. Boleh juga India menang dengan selisih satu gol. Namun jika skenario kedua yang terjadi, Indonesia tak boleh kalah dari Jepang lebih dari dua gol. Saat ini selisih gol India -5.

Jika Indonesia kalah dengan selisih tiga gol, kemenangan India harus dengan skor 1-0. Sebab dengan begitu, selisih gol India dan Indonesia sama-sama -4, tapi Indonesia unggul produktif karena telah mrncetak dua gol. Saat ini India belum sekali pun mencetak gol.

Di Grup C, Palestina di posisi tiga mengoleksi nilai satu dan Hong Kong di bawahnya dengan nol poin.

Palestina akan menghadapi Hong Kong pada laga terakhir. Indonesia juga bisa berharap kedua tim ini hanya bermain imbang.

Adapun di Grup E dan F, seluruh tim baru memainkan satu pertandingan sehingga posisi di klasemen masih bisa berubah.

Kesimpulannya, andia tak bisa memastikan nasib sendiri, Indonesia nnatau C.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement