Senin 22 Jan 2024 21:19 WIB

Maignan Ingin Sanksi Lebih Tegas untuk Pelaku Rasis, Infantino Wacanakan Hukuman Otomatis

Maignan mendesak pihak berwenang mengambil tindakan lebih keras untuk rasisme.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
 Kiper AC Milan Mike Maignan (kiri)
Foto: EPA-EFE/DANIEL DAL ZENNARO
Kiper AC Milan Mike Maignan (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjaga gawang AC Milan Mike Maignan mengatakan terlalu banyak orang yang terlibat dalam membiarkan rasisme terus merusak sepak bola. Maigna mendesak pihak berwenang untuk mengambil tindakan lebih keras setelah dia mengalami pelecehan rasis saat bertandang ke markas Udinese, Ahad (21/1/2024).

Maignan, yang berkulit hitam, keluar setelah dicemooh oleh penggemar Udinese selama pertandingan Serie A Italia. Ini menyebabkan pertandingan dihentikan sebentar selama babak pertama. Maignan kemudian mengatakan kepada DAZN bahwa dia mendengar suara monyet ketika itu.

Baca Juga

"Bukan pemainnya yang diserang, tapi seorang laki-laki, seorang ayah. Ini bukan pertama kalinya hal ini terjadi pada saya dan saya bukan orang pertama yang mengalami hal ini," tulis Maignan dalam bahasa Prancis di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. "Kami sudah mengeluarkan pernyataan, kampanye publisitas, protokol dan tidak ada yang berubah. Saat ini keseluruhan sistem harus mengambil tanggung jawab," ujarnya dikutip AP

Maignan mengatakan upaya yang dilakukan untuk memberantas pelecehan rasial belum cukup. "Pihak berwenang dan jaksa, dengan semua yang terjadi, jika Anda tidak bertindak maka Anda juga telah terlibat (membiarkannya)," tulisnya.

Pemain berusia 28 tahun yang merupakan kiper nomor 1 Prancis. Ia mengatakan bahwa mereka yang menyaksikan insiden rasis tersebut seharusnya memanggil pelakunya, dan Udinese seharusnya bertindak lebih tegas saat itu.

"Para penggemar di tribun, yang melihat segalanya, yang mendengar segalanya tetapi memutuskan untuk tetap diam, Anda terlibat," lanjut Maignan di X. "Klub Udinese, yang hanya berbicara tentang menghentikan pertandingan, seolah-olah tidak terjadi apa-apa, Anda terlibat," ujarnya. 

Maignan juga telah memberi tahu wasit tentang nyanyian monyet selama pertandingan. Setelah dihentikan, pertandingan Serie A dilanjutkan sekitar lima menit kemudian. 

Ada banyak insiden rasis di sepak bola Italia dan Eropa selama bertahun-tahun, termasuk kasus di Italia yang ditujukan kepada Kevin-Prince Boateng, Mario Balotelli, dan Romelu Lukaku.

Presiden FIFA Gianni Infantino menyebut insiden terbaru ini benar-benar menjijikkan dan tidak dapat diterima”. Ia mengatakan badan sepak bola dunia dapat memberikan hukuman yang lebih berat. Infantino menyarankan hukuman berupa kekalahan otomatis untuk tim mana pun yang penggemarnya telah melakukan rasisme.

"Kami membutuhkan semua pemangku kepentingan terkait untuk mengambil tindakan, dimulai dari pendidikan di sekolah. Sehingga generasi mendatang memahami bahwa ini bukan bagian dari sepak bola atau masyarakat," kata Infantino dalam pernyataan di X.

"Serta proses tiga langkah (pertandingan dihentikan, pertandingan dihentikan kembali, pertandingan ditinggalkan), kami harus menerapkan hukuman otomatis bagi tim yang penggemarnya telah melakukan rasisme dan menyebabkan pertandingan ditinggalkan serta larangan stadion di seluruh dunia dan tuntutan pidana bagi para rasis," tulisnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement