Selasa 23 Jan 2024 19:51 WIB

Erick Minta Dukungan untuk Timnas, Berharap Tim Garuda Manfaatkan Peluang Sekecil Apa Pun

Indonesia akan menghadapi Jepang di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/ 2024) malam.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum PSSI Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengeluarkan seruan untuk membangkitkan semangat para penggawa timnas Indonesia. Tim Garuda akan menjalani duel akbar kontra Jepang di Grup D Piala Asia 2023. Partai tersebut berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB. 

Erick mengetahui kualitas calon lawan. Jelas, Samurai Biru bukan tim sembarangan.

Baca Juga

"Ini bukan pertandingan mudah melawan Raksasa Asia, tapi kami tidak akan gentar. Mohon doa dan dukungan agar timnas bisa memberikan yang terbaik di Piala Asia ini," tulis Erick di Instagram-nya, yang dikutip pada Selasa (23/1/2024).

Tak berlebihan apa yang diucapkan sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini. Jepang berada di urutan ke-17 peringkat FIFA. Fakta ini sudah menggambarkan level Samurai Biru sekarang. Jepang sudah bisa dikatakan sejajar dengan sejumlah tim elite Eropa. 

Namun pantang bagi Indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih. "Kalau memang membawa Merah Putih, harus memberikan semuanya. Kalau loyo, tidak usah main, pulang saja. Saya berharap sekecil apa pun kesempatan, kita harus pergunakan," ujar Erick.

Di tengah kesibukannya yang padat, ia memutuskan untuk terbang ke Qatar. Ini demi memberikan energi positif kepada pasukan Garuda dari dekat. Ketum PSSI terbiasa menyaksikan anak asuh Shin Tae-yong bertarung di lapangan.

Sebenarnya, kalah dari Jepang pun peluang Indonesia lolos tetap ada. Namun itu berhasil laga dari grup-grup lainnya. Indonesia bahkan bisa sudah dipastikan lolos sebagai salah stau dari empat tim peringkat ketiga terbaik, andai India menahan imbang Suriah atau Palestina juga bermain imbang lawan Hong Kong pada dua laga Selasa malam ini.

Namun pelatih Shin Tae-yong sudah menegaskan ia tak memikirkan laga lain. Dalam benaknya saat ini, Indonesia harus memberikan yang terbaik, menunjukkan bahwa sepak bola kita sudah berkembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement