Selasa 23 Jan 2024 18:44 WIB

Shin Tae-Yong Pastikan Indonesia All-out Vs Jepang, tak Pedulikan Hasil Grup Sebelah

Indonesia bisa memulai kick-off lawan Jepang dalam posisi sudah lolos ke 16 besar.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri).
Foto: DOk PSSI
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memastikan skuad Garuda akan all-out melawan Jepang pada matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di Stadion Al-Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB. Pelatih asal Korea Selatan itu ingin anak asuhnya menunjukkan performa terbaik melawan tim Samurai Biru. 

Timnas Indonesia memang memiliki beberapa skenario untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Salah satu skenario yang paling menguntungkan adalah hasil imbang di grup sebelah yang akan berlangsung pada Selasa (23/1/2024), yakni pertandingan antara Suriah kontra India (Grup B) dan Hong Kong melawan Palestina (Grup C).

Baca Juga

Jika salah satu dari dua laga tersebut berakhir tanpa pemenang, maka Indonesia dipastikan lolos tanpa menunggu hasil dari pertandingan melawan Jepang. 

"Apabila kepastian untuk lolos ke babak 16 besar sudah didapatkan sebelum pertandingan melawan Jepang, tentu itu akan sangat menyenangkan bagi saya. Namun saya tidak memikirkan hal itu, saya hanya fokus pada bagaimana kita akan bermain melawan Jepang dan mempersiapkan beberapa taktik dan detail. Jadi saya tidak peduli dengan apa pun hasil dari pertandingan itu (Grup B dan C)," kata Shin dalam konferensi pers jelang laga, Selasa.

Suriah saat ini duduk di peringkat ketiga Grup B dengan nilai satu poin, sementara India berada satu tingkat di bawahnya dengan nol poin. Sementara di Grup C, Palestina memiliki nilai satu poin di peringkat ketiga, dengan Hong Kong yang tanpa poin di bawahnya. Hasil imbang akan membuat masing-masing tim hanya menambah satu poin dan masih tetap berada di bawah Indonesia saat ini. 

Indonesia yang baru melakoni dua laga sudah mengantongi tiga poin dari hasil kemenangan 1-0 melawan Vietnam beberapa waktu lalu. Torehan itu membuat Indonesia duduk di peringkat ketiga di bawah Jepang yang unggul selisih gol. Namun tiga poin sudah cukup untuk memenangi persaingan di peringkat ketiga terbaik untuk melaju ke babak 16 besar jika skenario hasil imbang di Grup B atau C terwujud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement