Rabu 24 Jan 2024 17:45 WIB

Butuh Menang untuk Pastikan Lolos, Ini Starting XI Indonesia Vs Jepang

Shin Tae-yong mencadangkan Asnawi Mangkualam melawan Jepang.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain timnas Indonesia pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Indonesia dan Irak di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024).
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Pemain timnas Indonesia pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Indonesia dan Irak di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin memastikan kemenangan saat menghadapi Jepang pada Matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023 di Al Thumama Stadium, Doha, Rabu (24/1/2024). Kemenangan memang menjadi satu-satunya cara agar Indonesia memastikan tiket ke babak 16 besar tanpa bergantung pada hasil di grup lain.

Laga antara Indonesia melawan Jepang menjadi laga hidup mati untuk memastikan tempat di babak 16 besar. Indonesia punya beberapa skenario agar bisa lolos ke babak 16 besar, tapi kemenangan menjadi satu-satunya pilihan untuk memastikan hal itu. Sementara jika imbang atau kalah, Indonesia masih harus menunggu hasil dari pertandingan di grup lain untuk lolos sebagai peringkat ketiga terbaik.

Baca Juga

Dalam sesi konferensi pers, Shin mengakui Jepang adalah lawan yang sulit bagi Indonesia. Indonesia sejak awal memang menjadi tim yang dianggap remeh dalam persaingan di Grup D. Namun, ia memastikan skuad Merah Putih akan bermain maksimal dengan menunjukkan performa terbaik mereka pada laga tersebut.

"Tentu Jepang adalah tim dengan peringkat tertinggi di Piala AFC. Mereka adalah tim nomor satu. Mungkin ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit untuk kita, tapi kita ingin menunjukkan performa permainan kita, sejauh ini kita sudah mempersiapkan diri dengan baik. Dan saya ingin menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia sudah berkembang lebih baik," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan, Selasa (23/1/2024).

Menghadapi Jepang, Shin hanya membuat satu perubahan dari starter melawan Vietnam. Kapten Asnawi Mangkualam dicadangkan. Posisinya digantikan Rizky Ridho. 

Berikut susunan pemain kedua tim:

Jepang (4-3-2-1)

Zion Suzuki (kiper); Takehiro Tomiyasu, Yuta Nakayama, Seiya Maikuma, Koki Machida; Wataru Endo, Ritsu Doan, Keito Nakamura; Reo Hatate, Takefusa Kubo; Ayase Ueda

Pelatih: Hajime Moriyasu 

Indonesia (5-2-3)

Ernando Ari (kiper); Jordi Amat, Rizky Ridho, Sandy Walsh, Pratama Arhan, Justin Hubner; Marselino Ferdinan, Ivar Jenner; Yakob Sayuri, Egy Maulana Vikri, Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement