Ahad 28 Jan 2024 13:59 WIB

Kita Layak Percaya Diri, Bung Kus: Jangan Silau dengan Nama Besar Australia

Bung Kus menilai lini tengah Australia yang harus diwaspadai.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Timnas Australia, lawan Indonesia pada babak 16 besar Piala Asia 2023.
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Timnas Australia, lawan Indonesia pada babak 16 besar Piala Asia 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Timnas Indonesia sore nanti akan melakoni laga bersejarah, yakni babak 16 besar Piala Asia 2023. Lawan yang akan dihadapi di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha Qatar pukul 18.30 WIB adalah Australia.

Pengamat sepak bola, Mohamad Kusnaeni ketika dihubungi Republika.co.id, Ahad (28/1/2024) mengakui lawan lebih unggul hampir di semua aspek. 

Baca Juga

"Dalam semua aspek, Australia memang di atas kita. Sehingga peluang Indonesia untuk mengalahkan Australia memang cukup berat," kata Bung Kus sapaan akrab Mohamad Kusnaeni.

"Tapi kita bisa menyulitkan Australia jika bermain disiplin, kompak, dan permainan ngotot seperti saat melawan Vietnam. Plus main dengan rasa percaya diri, tidak terlalu silau oleh nama besar lawan," ungkapnya.

Bung Kus menilai lini tengah Australia yang harus diwaspadai. "Lini depan Australia tidak terlalu produktif. Tapi lini tengah mereka sangat kuat. Jadi coach STY harus meramu strategi untuk mencegah Australia terlalu dominan di lapangan tengah."

"Kita mungkin sulit menang. Tapi jika kita bisa menyulitkan Australia berkembang, tidak mustahil permainan harus diakhiri dengan perpanjang waktu atau bahkan penalti," ujar Bung Kus.

"Kalau itu terjadi, segalanya masih memungkinkan bagi kita. Jadi, bermainlah dengan fighting spirit yang luar biasa, disiplin, dan jangan bikin kesalahan sendiri. Terutama di lini pertahanan," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement