Selasa 30 Jan 2024 08:26 WIB

De Rossi Puji Kualitas Kepemimpinan Pellegrini Usai Roma Kalahkan Salernitana

De Rossi juga mengkritik kekurangan Roma yang perlu diperbaiki segera.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Romelu Lukaku dari Roma (tengah) berebut bola melawan Norbert Gyomber dari Salernitana selama pertandingan sepak bola Serie A Italia antara Salernitana dan AS Roma di stadion Arechi di Salerno, Italia,  Selasa (30/1/2024) dini hari WIB.
Foto: AP
Romelu Lukaku dari Roma (tengah) berebut bola melawan Norbert Gyomber dari Salernitana selama pertandingan sepak bola Serie A Italia antara Salernitana dan AS Roma di stadion Arechi di Salerno, Italia, Selasa (30/1/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, SALERNO -- Daniele De Rossi menunjukkan awal yang baik bersama AS Roma. Ia meraih kemenangan dalam dua pertandingan pertama sebagai pelatih i Lupi.

Sebelumnya, Roma berjaya atas Hellas Verona di Stadion Olimpico. Teranyar, i Giallorossi mengalahkan Salernitana 2-1 pada giornata ke-22 Serie A Liga Italia di Stadion Arechi, Salerno, Selasa (30/1/2024) dini hari WIB.

Baca Juga

Dari sudut pandang hasil, jelas De Rossi senang. Perlahan tapi pasti, Roma bangkit dari keterpurukan bersama suksesor Jose Mourinho ini. 

De Rossi mengubah formasi 3-5-2 Mourinho menjadi 4-3-3. Ia menginstruksikan anak asuhnya untuk lebih mendominasi penguasaan bola. 

Hasilnya terlihat. Ball Possession I Giallorossi mencapai 62 persen. Sisanya milik tuan rumah. Namun masih ada yang kurang dari permainan rival sekota Lazio itu. Menurut De Rossi, mereka perlu meningkatkan kecepatan operan. Hanya dengan cara itu, Roma mampu berkreasi di lini pertahahan lawan.

Jika temponya tidak dipercepat, kata dia, maka mudah bagi rival untuk mengantisipasi.

"Saya mengatakan kepada mereka hal yang sama seperti yang saya lakukan setelah pertandingan melawan Verona. Jika kami menguasai bola dengan lambat tanpa menggerakkan bola dengan cepat, tanpa berusaha menembus garis pertahanan, kami tidak akan mendapatkan tembakan ke gawang," kata juru taktik 40 tahun ini kepada DAZN, dikutip dari Football Italia.

Menurutnya, kekurangan itu perlu mereka perbaiki. 

Selanjutnya, ia membahas seputar pengaruh Lorenzo Pellegrini di lapangan. De Rossi menilai, Roma sudah membuat keputusan tepat saat menunjuk Pellegrini sebagai kapten.

Mereka pernah berbagi kamar ganti di Olimpico. Saat De Rossi masih aktif merumput, Pellegrini tumbuh menjadi salah satu pemain muda yang diandalkan La Magica. Kini sang arsitek merasakan eks rekan setimnya sudah jauh berkembang dari sisi teknis dan mentalitas.

"Saya tidak bisa memikirkan kapten yang lebih baik. Selain persahabatan yang akan selalu ada, dia sangat profesional, fokus, membantu rekan setimnya," puji Rossi.

De Rossi mengaku melihat sederet para pemain muda hebat, yang fokus dan sangat peduli dengan kostum Roma. Dia menegaskn, Pellegrini adalah pemimpin terbaik bagi para pemain Roma sekarang.

Selanjutnya, AS Roma bertemu Cagliari pada giornata ke-23. Partai tersebut berlangsung di Stadion Olimpico, Selasa (6/2/2024) dini hari WIB.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement