Rabu 31 Jan 2024 11:00 WIB

Aston Villa Tumbang di Kandang Sendiri, Emery Akui Ketangguhan Newcastle

Aston Villa dipermak Newcastle 1-3 di Villa Park.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Dan Burn (tengah) dari Newcastle beraksi selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Aston Villa FC dan Newcastle United, di Birmingham, Inggris, Rabu (31/1/2024) dini hari WIB.
Foto: EPA
Dan Burn (tengah) dari Newcastle beraksi selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Aston Villa FC dan Newcastle United, di Birmingham, Inggris, Rabu (31/1/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Unai Emery kecewa berat saat menyaksikan tim asuhannya, Aston Villa tak berdaya saat jumpa Newcastle United pada pekan ke-22 Liga Primer Inggris musim 2023/24. The Lions takluk 1-3 dari Newcastle di Villa Park, Birmingham, Rabu (31/1/2024) pagi WIB. 

Dukungan puluhan ribu penggemar gagal mengangkat performa John McGinn dan rekan-rekan. Sayangnya, tuan rumah keteteran dalam 45 menit awal.

Baca Juga

Selepas jeda, Villa mencoba bangkit. Ollie Watkins sempat memperkecil ketertinggalan timnya. Namun hingga duel usai, berbagai kreasi the Lions bisa diredam the Magpies.

"Pada babak pertama, kami tidak mengontrol permainan seperti yang kami inginkan. Mereka bermain bagus, dan kami harus menerimanya," kata Emery, dikutip dari dailymail.co.uk.

Ia melihat pasukannya mencoba berbagai cara untuk kembali ke jalur semestinya. Sayangnya, kekalahan tak bisa dihindari. Rangkaian hasil menawan di Villa Park terhenti.

Namun, Emery tak mau lama-lama kecewa. Ia langsung berupaya mengangkat kepercayaan diri anak asuhnya.

"Setelah pertandingan, saya katakan kepada mereka, saya bangga setelah banyak pertandingan sukses di sini. Kami harus terus maju dan mencoba untuk berkembang," ujar juru taktik berkebangsaan Spanyol ini.

Kekalahan ini membuat Aston Villa turun ke peringkat keempat klasemen sementara. Dengan mengantongi 43 poin, Villa tertinggal lima angka di belakang Liverpool di singgasana. 

Jaraknya bisa menjadi lebih besar. Itu karena the Reds baru menyelesaikan 21 pertandingan. The Lions bahkan berpotensi tergeser ke tangga kelima. Sebab, selisih mereka dengan Tottenham Hotspur hanya tiga angka. 

Spurs baru akan bertanding pada Kamis (1/2/2024) dini hari. Skuad polesan Ange Postecoglou bertemu Brentford FC di London Utara. Jika menang, the Liliwhites menembus zona top four.

Namun, kompetisi masih panjang. Hal yang biasa jika ada pergantian posisi. Aston Villa mencoba fokus memperbaiki performa.

Selanjutnya, anak asuh Emery bertamu ke markas Sheffield United pada pekan ke-23 Liga Primer. Partai tersebut berlangsung di Bramall Lane, Ahad (4/2/2024) pukul 00.30 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement