Kamis 01 Feb 2024 06:39 WIB

Serbet Perjanjian Messi dengan Barcelona pada Tahun 2000 Dilelang Mulai Rp 6 Miliar

Serbet tersebut ditandatangani pada Desember 2000 ketika Messi berusia 13 tahun.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Lionel Messi saat berusia 21 tahun.
Foto: AP/Manu Fernandez
Lionel Messi saat berusia 21 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serbet yang digunakan pemain Lionel Messi untuk menandatangani kontrak pertamanya dengan Barcelona akan dilelang pada Maret. Harga serbet itu dibanderol mulai 300 ribu poundsterling atau sekira Rp 6 miliar, seperti diumumkan rumah lelang Inggris Bonhams, Rabu (31/1/2024).

Serbet tersebut ditandatangani pada Desember 2000 ketika Messi berusia 13 tahun. Carles Rexach, yang saat itu menjabat sebagai direktur olahraga Barcelona, setuju dengan Jorge Messi, ayah Messi, dan agen Horacio Gaggioli untuk merekrut remaja Argentina yang kemudian menjadi pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa.

Baca Juga

Momen penting dalam sejarah sepak bola terjadi setelah Rexach mengundang Jorge Messi untuk makan siang atas kekhawatirannya atas kurangnya respons menyusul trial awal putranya di klub Spanyol tersebut.

“Di Barcelona, pada tanggal 14 Desember 2000 dan di hadapan Tuan Minguella dan Horacio, Carles Rexach, direktur olahraga FC Barcelona, dengan ini setuju, di bawah tanggung jawabnya dan tanpa menghiraukan perbedaan pendapat, untuk merekrut pemain Lionel Messi, dengan syarat kami mematuhi jumlah yang telah disepakati,"," tertulis di serbet klub tenis Pompeia.

Perjanjian tersebut, yang diratifikasi oleh presiden klub saat itu Joan Gaspart, secara resmi ditandatangani pada malam yang sama. Sebulan kemudian Barcelona menyelesaikan penandatanganan Messi untuk memulai masa tinggalnya selama 20 tahun di klub Katalunya itu.

Pemenang Ballon d'Or delapan kali itu membantu Barcelona memenangkan 35 gelar, mencatatkan rekor 782 penampilan dan mencetak 674 gol. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement