Sabtu 03 Feb 2024 03:36 WIB

Gol Bunuh Diri Hananov Loloskan Yordania ke Semifinal Piala Asia

Yordania menang 1-0 atas Tajikistan dan akan menantang Korea Selatan di semifinal.

Yazan Alnaimat (kanan) dan Ali Olían dari Yordania merayakan kemenangan mereka pada perempat final Piala Asia 2023 dengan mengalahkan Tajikistan 1-0 di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Jumat, 2 Februari 2024.
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Yazan Alnaimat (kanan) dan Ali Olían dari Yordania merayakan kemenangan mereka pada perempat final Piala Asia 2023 dengan mengalahkan Tajikistan 1-0 di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Jumat, 2 Februari 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yordania lolos ke semifinal Piala Asia 2023 setelah memetik kemenangan tipis 1-0 atas Tajikistan. Kemenangan Yordania ditentukan gol bunuh diri Vahdat Hananov dalam pertandingan babak delapan besar di Stadion Ahmad bin Ali pada Jumat (2/2/2024) malam WIB. Yordania akan menghadapi Korea Selatan di empat besar.

Yordania langsung mendapatkan peluang saat laga baru berjalan empat menit. Yazan Naimat mendapatkan celah di tepi kotak penalti Tajikistan, tetapi sepakan kaki kirinya masih melebar dari tiang gawang.

Baca Juga

Tajikistan balas mengancam pada menit ke-15. Umpan silang Mabatshoev dari sayap kanan, diteruskan Panjshanbe dengan sontekan di tiang dekat. Sayangnya bola memantul lalu mengenai tiang gawang.

Kedua tim saling balas menyerang, dengan Tajikistan nyaris mencetak gol. Berawal dari kesalahan pemain belakang Yordania, Mabatshoev bisa merebut bola di tepi kotak penalti. Namun, penyelesaiannya masih melebar. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Yordania baru bisa mencetak gol pada babak kedua atau pada menit ke-66. Bermula dari sepak pojok di sayap kanan, Abdallah Nasib menyundul bola yang mengenai Vahdat Hanonov sebelum bersarang masuk ke gawang sendiri. Yordania memimpin 1-0.

Hanya lima menit kemudian, Yordania kembali menebar ancaman. Yazan Al Naimat melewati dua pemain belakang lawan sebelum memberikan umpan yang diteruskan Mousa Tamari dengan sepakan dari tengah kotak penalti, tetapi bola masih melenceng dari sasaran.

Tajikistan terus menyerang demi mengejar ketertinggalan di sisa waktu, sedangkan Yordania bermain bertahan untuk menjaga keunggulan.

Tidak ada gol yang tersisa hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Yordania menang 1-0 atas Tajikistan.

Daftar Susunan Pemain

Tajikistan (4-2-2-2): Yatimov, Nazarov, Hanonov, Safarov, Dzhalilov (Khamrokulov 77'), Umarbayev, Dzhuraboev, Panjshanbe, Shukurov, Mabatshoev, Samiev (Soirov 29')

Yordania (3-4-2-1): Yazeed Abulaila, Salem Al Ajalin, Ehsan Haddad, Abdallah Nasib, Yazan Al Arab, Raja'ei Ayed, Mahmoud Al Mard (Abuhasheesh 79'), Noor Al Rawabdeh (Sa'deh 79'), Mousa Tamari, Yazan Al Naimat, Ali Olwan

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement