Senin 05 Feb 2024 17:04 WIB

FIFA Rilis Jadwal Piala Dunia 2026: Final di New York, Pembukaan di Mexico City

Final Piala DUnia 2026 berlangsung pada Ahad, 19 Juli 2026 di New York.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Logo Piala Dunia 2026.
Foto: FIFA
Logo Piala Dunia 2026.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertandingan final Piala Dunia FIFA 26 dijadwalkan berlangsung pada Ahad, 19 Juli 2026 di New York, New Jersey, sedangkan kick-off berlangsung di stadion ikonik Estadio Azteca, Mexico City pada Kamis, 11 Juni 2026.

Toronto (Kanada), Mexico City (Meksiko), dan Los Angeles (AS) akan menjadi tuan rumah pertandingan pembukaan Piala Dunia FIFA untuk tim nasional masing-masing negara. Jadwal pertandingan inovatif yang dirancang untuk meminimalkan perjalanan bagi tim dan penggemar, memastikan istirahat dan pemulihan pemain diprioritaskan sepanjang turnamen. Tanggal-tanggal penting ini diumumkan FIFA pada Ahad (4/2/2024). 

Baca Juga

Seperti Meksiko, tim nasional Kanada dan Amerika Serikat masing-masing akan memainkan tiga pertandingan penyisihan grup di kandang sendiri. Kanada akan memulai perjalanan mereka di Toronto pada Jumat, 12 Juni 2026, sedangkan Amerika Serikat akan memulai perjalanan mereka pada hari yang sama di Los Angeles. 

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan, “Piala Dunia FIFA yang paling inklusif dan berdampak bukan lagi sebuah mimpi namun sebuah kenyataan yang akan terwujud dalam bentuk 104 pertandingan di 16 stadion canggih di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat.  Dari pertandingan pembukaan di Estadio Azteca yang ikonik hingga final spektakuler di New York, para pemain dan penggemar di New Jersey telah menjadi inti dari perencanaan ekstensif kami untuk turnamen yang mengubah permainan ini.”

Infantino mengucapkan terima kasih kepada tiga negara tuan rumah dan 16 kota tuan rumah atas komitmen teguh untuk menyelenggarakan Piala Dunia FIFA 2026. Ia mengatakan, edisi kali ini tidak hanya akan mencetak rekor baru tetapi juga meninggalkan warisan yang tak terhapuskan.

Wakil Presiden FIFA dan Presiden Concacaf Victor Montagliani mengatakan, Piala Dunia FIFA ke-26 akan menjadi momen penting dan akan memicu perkembangan sepak bola secara besar-besaran di kawasan mereka dan di seluruh dunia. "Meskipun setiap kota tuan rumah unik, mereka semua memiliki kesamaan, sangat menyukai sepak bola dan tidak sabar untuk menyambut dunia pada bulan Juni dan Juli 2026,” kata dia.

Jadwal pertandingan turnamen yang inovatif akan meminimalkan perjalanan bagi tim dan penggemar, sementara jumlah hari istirahat antarpertandingan akan dimaksimalkan. Jadwal tersebut telah disusun melalui konsultasi dengan para pemangku kepentingan utama, termasuk pelatih tim nasional dan direktur teknik. Jadwal ini juga akan meningkatkan prospek pertandingan dimainkan dalam kondisi terbaik dan memastikan bahwa para penggemar memiliki waktu perjalanan yang lebih singkat saat mengikuti tim mereka.

Pertandingan dan waktu kick-off akan dikonfirmasi setelah pengundian putaran final Piala Dunia FIFA 26, yang diperkirakan akan berlangsung menjelang akhir tahun 2025.

Jadwal pertandingan Piala Dunia FIFA 2026:

Piala Dunia FIFA 26 akan dimulai di Estadio Azteca Mexico City yang ikonik pada Kamis, 11 Juni 2026, dengan final dijadwalkan pada Ahad, 19 Juli 2026 di New York New Jersey.

Toronto, Mexico City, dan Los Angeles menjadi tuan rumah laga pembuka timnas masing-masing tuan rumah.

Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat dijamin akan memainkan tiga pertandingan penyisihan grup mereka di kandang sendiri, dengan Guadalajara, Vancouver, dan Seattle juga dipilih untuk menggelar pertandingan penyisihan grup negara tuan rumah.

Miami menjadi tuan rumah perebutan posisi ketiga atau laga perebutan perunggu, Dallas dan Atlanta menjadi tuan rumah semifinal yang sangat dinantikan. Dallas akan menjadi tuan rumah sembilan (9) pertandingan, terbanyak dari semua kota tuan rumah turnamen tersebut.

Jadwal pertandingan yang inovatif memastikan tiga hari istirahat untuk tim diterapkan pada 103 dari 104 pertandingan turnamen. Mayoritas pertandingan akan dimainkan di tiga zona regional (timur, tengah dan barat) untuk mengurangi perjalanan tim dan penggemar.

Babak grup:

Hari pertandingan pertama turnamen ini menampilkan dua pertandingan, termasuk pertandingan pembuka turnamen di Mexico City dan pertandingan di Guadalajara.

Hari kedua menampilkan dua pertandingan yang masing-masing melibatkan tuan rumah Kanada dan Amerika Serikat.

Empat hari pertandingan terakhir babak penyisihan grup akan menampilkan enam pertandingan per hari. Pertandingan dalam satu grup akan dimainkan secara bersamaan untuk menjaga keutuhan kompetisi.

Semua pertandingan penyisihan grup lainnya akan menampilkan empat pertandingan per hari dalam empat waktu kick-off.

Estadio Azteca Mexico City akan menjadi tuan rumah pertandingan pembukaan untuk ketiga kalinya, mencetak sejarah Piala Dunia FIFA sebagai stadion pertama yang melakukannya.

Kanada akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA yang pertama, melengkapi sejarah kebanggaan Kanada dalam menjadi tuan rumah turnamen wanita dan remaja terbaik FIFA, termasuk Piala Dunia Wanita FIFA 2015 yang sukses.

AS menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA untuk kedua kalinya, setelah memecahkan rekor pada edisi 1994.  AS juga sukses menjadi tuan rumah dua edisi Piala Dunia Wanita FIFA (1999 dan 2003).

Fans dapat melakukan pra-registrasi untuk tiket Piala Dunia FIFA 26 di fifa.com/tickets.  Prapendaftaran untuk informasi tentang paket keramahtamahan tersedia di fifa.com/hospitality . 

sumber : Reuters
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement