Senin 05 Feb 2024 21:09 WIB

Madrid Dituduh Barcelona Pengaruhi Wasit, Ancelotti Ogah Terseret Perdebatan

Ancelotti menegaskan ia profesional yang tak mau turun level meladeni perdebatan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti
Foto: AP Photo/Luis Vieira
Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti menegaskan tidak akan 'tenggelam' ke level pelatih kepala Barcelona Xavi dan presiden klub Katalunya itu Joan Laporta. Ini terkait komentar-komentar mereka baru-baru ini perihal aksi televisi Real Madrid yang menyiarkan kesalahan-kesalahan wasit sepanjang kompetisi.

Laporta menuduh Madrid telah 'mempengaruhi kompetisi' karena saluran TV internal mereka secara teratur menyoroti kesalahan wasit. Di sisi lain, Barcelona masih terlibat dalam skandal Negreira terkait pembayaran rahasia yang diberikan kepada mantan kepala wasit Spanyol itu.

Baca Juga

Ketika ditanya mengenai keluhan Laporta kepada Madrid pada akhir pekan lalu, Xavi menjawab, "Saya sependapat dengan presiden 100 persenm [video-video itu] sangat mempengaruhi kompetisi, pekan demi pekan. Orang buta pun bisa melihatnya."

Sebelum hasil imbang 1-1 Madrid dengan rival sekotanya Atletico Madrid, Ancelotti menolak untuk terpancing dengan komentar Xavi dan Laporta.

"Saya seorang profesional, dan sebagai seorang profesional, saya tidak ingin tenggelam dalam level tersebut, demi menghormati sepak bola Spanyol," ujar Ancelotti, dikutip dari 60min, Senin (5/2/2024). "Jangan tanyakan lagi kepada saya tentang hal itu. Saya tidak ingin tenggelam [dalam hal itu]. Itu bukan level untuk para profesional."

Namun, Ancelotti, sekali lagi ditanya tentang retorika Laporta, membalas, "Saya sudah mengatakan, saya tidak akan tenggelam dalam level itu."

Xavi telah mencoba berdamai dengan Ancelotti atas perang kata-kata ini, menunjukkan rasa hormatnya kepada sang pelatih asal Italia itu setelah Barcelona menang 3-1 atas Alaves.

"Saya tidak mengatakan apa pun kepada Ancelotti," ujar Xavi. "Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengannya. Dia mungkin merasa tertekan dengan kata-kata saya. Itu tidak ditujukan kepadanya. Semua rasa hormat untuk Carlo Ancelotti."

Barcelona berhasil meraih kemajuan dalam usaha mereka untuk mempertahankan gelar La Liga pada akhir pekan lalu, dengan selisih poin dengan Madrid yang berada di posisi pertama menjadi delapan poin. Tim asuhan Xavi kini berada di posisi ketiga, unggul dua poin dari Atletico di posisi keempat dan lima poin dari Athletic Club di posisi kelima. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement