Kamis 15 Feb 2024 19:19 WIB

Arteta Tergoda Gaet Martin Zubimendi

Tampaknya perombakan lini tengah Arsenal masih belum selesai.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Acharaf Hakimi (Kiri) dari PSG dan Martin Zubimendi dari Real Sociedad berebut bola pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions UEFA antara Paris Saint Germain (PSG) dan Real Sociedad di Paris, Prancis, Kamis (15/2/2024) dini hari WIB.
Foto: EPA
Acharaf Hakimi (Kiri) dari PSG dan Martin Zubimendi dari Real Sociedad berebut bola pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions UEFA antara Paris Saint Germain (PSG) dan Real Sociedad di Paris, Prancis, Kamis (15/2/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bos Arsenal Mikel Arteta sudah sangat memikirkan bintang Real Sociedad Martin Zubimendi, tetapi mungkin perlu memperhatikan catatan yang dibuat oleh Kieran Tierney dari The Gunners. Zubimendi telah masuk dalam daftar keinginan transfer Mikel Arteta dalam dua jendela transfer dan baru-baru ini menerima ulasan luar biasa dari seorang pria yang mengenal keduanya, yaitu Tierney.

Pemain andalan Skotlandia, Tierney, masih bermain di Arsenal, tetapi saat ini menghabiskan musim dengan status pinjaman di klub La Liga, Real Sociedad. Setelah melihat sebagian besar waktunya di Emirates diganggu oleh masalah kebugaran, mantan bintang Celtic ini berharap dapat memulai karirnya di San Sebastian.

Baca Juga

Pada saat bersama Sociedad inilah Tierney dapat melihat dari dekat satu pemain yang banyak dikaitkan dengan Arsenal selama dua jendela transfer terakhir, yaitu Zubimendi. Pemain internasional Spanyol berusia 25 tahun ini, memiliki kehebatan teknis yang telah menarik perhatian Arteta.

Komentar Tierney tentang rekan satu timnya di Sociedad menjadi bacaan yang menarik dari sudut pandang Arsenal. Bek kiri tersebut secara khusus menyebut Zubimendi sebagai salah satu pemain yang patut mendapat pujian dalam wawancaranya baru-baru ini dengan Guardian.

"Anda memiliki pemain kelas dunia seperti Martin Zubimendi, Mikel Merino, Brais Mendez. Bukannya orang-orang menganggap mereka tidak bagus, hanya saja jika Anda hanya menonton Liga Primer Inggris setiap minggunya, sulit untuk mengetahuinya. Mereka berkelas dunia," kata Tierney dikutip dari Mirror, Kamis (15/2/2024).

Meski menghabiskan 105 juta poundsterling untuk membeli gelandang baru - Declan Rice - musim panas lalu, tampaknya perombakan lini tengah Arsenal masih belum selesai. Kini Zubimendi telah diidentifikasi sebagai seseorang yang bisa menggantikan Thomas Partey, jika pemain Ghana yang selalu tampil buruk itu dijual di musim panas.

Telah banyak dilaporkan bahwa klausul pelepasan Zubimendi berada pada jumlah yang relatif kecil yaitu 51 juta poundsterling. Jika The Gunners serius dengan minat mereka, mereka pasti bisa meninggalkan bintang Sociedad itu dengan keputusan yang harus diambil mengenai masa depan klubnya.

Dengan begitu banyak rotasi di lini tengah Arsenal di samping Rice (Jorginho, Partey, dan Kai Havertz semuanya akan berada di sampingnya pada suatu saat musim ini), Arteta sangat ingin mendapatkan jasa seseorang yang bisa bermain di samping klub yang sedang mencatatkan rekor penandatanganan kontrak tersebut.

Mengenai masa depan Tierney sendiri, pemain berusia 26 tahun itu menyimpan rahasianya. "Sulit untuk mengatakannya. Saya menyukai waktu saya di sana dan saya masih memiliki kontrak dua tahun," kata dia.

"Saya sangat berterima kasih kepada Arsenal. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi tetapi saya sangat menyukainya di sini. Saya merasa telah beradaptasi dengan cukup baik dan saya berharap dapat mengembalikan kepercayaan yang telah ditunjukkan klub. Ini adalah skuad yang sangat bertalenta dengan pemain kelas dunia dan banyak sekali yang berasal dari akademi. Ini adalah kisah yang luar biasa," ujar Tierney menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement