Jumat 16 Feb 2024 10:04 WIB

Sosok Kiper Ini Dinilai Lebih Layak Jadi Penjaga Gawang Utama MU Ketimbang Andre Onana

Jack Butland pernah menjadi kiper cadangan MU.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kiper Rangers Jack Butland
Foto: EPA-EFE/ROBERT PERRY
Kiper Rangers Jack Butland

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan bintang Rangers, John Brown, menilai Manchester United (MU) seharusnya menjadikan Jack Butland sebagai penjaga gawang nomor satu mereka. Butland telah bermain dengan sangat baik di Rangers setelah mengalami masa-masa sulit di Crystal Palace. 

Ia kini berusia 30 tahun dan telah membantu Rangers untuk memenangkan tiga trofi besar musim ini. Manajer Inggris, Gareth Southgate, bahkan mengatakan pekan lalu bahwa dirinya memikirkan Butland untuk tim nasional.

Baca Juga

Musim lalu, Butland tidak memainkan satu pertandingan pun dan dipinjamkan ke Manchester United selama enam bulan, di mana ia menjadi cadangan David de Gea. Brown berpikir pelatih MU Erik ten Hag melakukan kesalahan dengan menghabiskan 47 juta poundsterling atau sekira Rp 929 miliar untuk mendatangkan Andre Onana alih-alih mempercayai Butland.

"Saya selalu menjadi penggemar Butland. Saya terkejut dia tidak pernah mendapatkan menit bermain lebih banyak di bawah mistar gawang. Ketika saya melihat Liga Primer, ada banyak penjaga gawang di sana yang menurut saya lebih baik dari Jack Butland," kata dia dikutip dari Manchester Evening News, Kamis (15/2/2024).

"Dia pernah berada di Manchester United dan bagi saya dia adalah kiper pilihan pertama mereka. Jika saya menginginkan seorang kiper yang stabil, maka Jack Butland adalah pilihan saya. Jadi, fakta bahwa Rangers mendapatkannya adalah sesuatu yang fantastis bagi klub. Hal lainnya adalah dia datang ke klub dengan 50.000 penonton di setiap pertandingan kandang."

Butland berada di bangku cadangan MU sebanyak 20 kali di semua kompetisi, termasuk Final Piala FA. Namun, ia sama sekali tidak pernah tampil dalam pertandingan resmi.

"Dia bermain di Eropa, meraih trofi, dia memiliki trofi di kantongnya, dia mungkin memiliki 10 tahun lagi di puncak karena tahun-tahun yang dia lewatkan," kata Brown.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement