Selasa 20 Feb 2024 08:54 WIB

Akhirnya Minta Maaf Soal Berat Badan Menjurus Body Shaming, Guardiola: Itu Buruk

Sang pemain pun tampak kecewa dengan pernyataan Guardiola.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manchester City head coach Pep Guardiola celebrates after the Champions League, Round of Sixteen first leg, soccer match between FC Copenhagen and Manchester City in Copenhagen, Denmark, Tuesday, Feb. 13, 2024.
Foto: Mads Claus Rasmussen/Ritzau Scanpix via AP
Manchester City head coach Pep Guardiola celebrates after the Champions League, Round of Sixteen first leg, soccer match between FC Copenhagen and Manchester City in Copenhagen, Denmark, Tuesday, Feb. 13, 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola meminta maaf kepada Kalvin Phillips. Ini karena ia pernah mengatakan Phillips kelebihan berat badan selepas membela tim nasional Inggris di Piala Dunia 2022.

Guardiola mengeluarkan pernyataan tersebut dalam konferensi pers pada Desember 2022 lalu. Saat itu, ia enggan menurunkan Phillips dalam pertandingan Carabao Cup melawan Liverpool. Awak media menanyakan alasannya.

Baca Juga

Ia lantas berbicara kondisi fisik sang gelandang yang kurang ideal. Sejatinya, Phillips bukan langganan starter di City. Sehingga berpotensi mendapatkan kesempatan tampil ketika klub mentas di kompetisi piala.

Kini eks Leeds United itu telah meninggalkan Stadion Etihad. Phillips bergabung dengan West Ham United pada Januari 2024. Statusnya masih sebagai pemain pinjaman dari the Sky Blues. Ia lantas berbicara seputar penilaian Guardiola terhadapnya.

"Setelah Piala Dunia (2022) mungkin adalah saat yang paling sulit, ketika Pep keluar dan mengatakan saya kelebihan berat badan. Saya bukannya tidak sependapat dengannya, tapi jelas, saya mendapatkan pukulan besar dari dalam hal kepercayaan diri, dan perasaaan saya di City," kata Phillips, baru-baru ini, dikutip dari france24. Selasa (20/2/2024).

Awak media lantas meminta pandangan Guardiola terkait hal itu. Tentang kekecewaan sang pemain. Bagaimanapun, situasi demikian lebih ideal menjadi konsumsi internal.

"Ya, saya minta maaf. Sekali dalam delapan tahun, itu tidak buruk. Tapi saya benar-benar minta maaf padanya. Maafkan saya," ujar mantan juru taktik Bayern Munchen dan Barcelona ini.

Guardiola mengeklaim ia telah berbicara  dengan Phillips sebelum membuat pernyataan ke publik. Artinya, ia tak asal berinisiatif. Ini melalui diskusi antara kedua kubu. 

Phillips mengalami masa-masa sulit di City sejak didatangkan dari Leeds pada 2022 lalu. Ia sempat dilihat sebagai bintang baru di Inggris. Berjalannya waktu, ia lebih banyak mendekam di bangku cadangan.

Selama memperkuat the Citizens, sang gelandang hanya dua kali menjadi starter di Liga Primer. Hal yang normal jika Phillips memilih hengkang dan kini berjuang memulihkan performanya, di West Ham.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement