Selasa 20 Feb 2024 10:26 WIB

Juara Piala Dunia Mochizuki Satoru Resmi Jadi Pelatih Timnas Sepak Bola Wanita Indonesia

Mochizuki Satoru membawa timnas Jepang Wanita menjadi juara Piala Dunia 2011.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Ketum PSSI Erick Thohir (kiri) memperkenalkan pelatih timnas Wanita Indonesia yang baru Mochizuki Satoru (kanan) di Jakarta, Selasa (20/2/2024).
Foto: Republika/Afrizal
Ketum PSSI Erick Thohir (kiri) memperkenalkan pelatih timnas Wanita Indonesia yang baru Mochizuki Satoru (kanan) di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI resmi memperkenalkan pelatih timnas wanita Indonesia yang baru. Sosok tersebut adalah Mochizuki Satoru, pelatih asal Jepang yang mendapatkan lisensi kepelatihan dari JFA sejak tahun 2005. Dari sana ia mencatatkan rekam jejak yang apik selama kariernya 

Sejatinya, karier kepelatihan Satoru sudah dimulai sejak 1998 di mana ia menangani klub J-League Kyoto Sanga FC. Pada tahun 2000 Satoru kemudian pindah ke klub rival Vissel Kobe. Setelah memiliki pengalaman bersama klub, ia melanjutkan kariernya bersama timnas muda Jepang di mana pada tahun 2005 ia menangani timnas Jepang U-16.

Baca Juga

Di tahun 2008 ia ikut menangani timnas Jepang wanita dan berhasil membawa timnya lolos di empat besar Olimpiade Beijing 2008. Tak berhenti di sana, Satoru melanjutkan kesuksesannya bersama timnas Jepang wanita dengan menjadi staf pelatih bagi Norio Sasaki untuk membawa negaranya juara di Piala Dunia Wanita di Jerman pada 2011 kemudian finis ke-2 di Olimpiade London pada 2012.

Rekam jejak gemilang yang dimiliki Satoru ini yang diharapkan bisa membawa timnas Indonesia wanita sukses di ajang internasional. Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan memperkenalkan Satoru kepada awak media pada Selasa (20/2/2024). Langkah ini menunjukkan komitmen Erick untuk mengembangkan sepak bola wanita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement