Jumat 23 Feb 2024 12:15 WIB

Thiery Henry Salut dengan Kualitas Xavi Hernandez dalam Melatih

Henry menunjukkan rasa hormat yang tinggi kepada Xavi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
FC Barcelona Xavi Hernandez.
Foto: EPA-EFE/Enric Fontcuberta
FC Barcelona Xavi Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, KATALUNYA -- Xavi Hernandez dan mantan penyerang Thierry Henry terlibat dalam percakapan langsung di program CBS Sports Golazo, menyusul hasil imbang 1-1 Barcelona melawan Napoli di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Jumat (22/2/2024). Keduanya menunjukkan rasa saling menghormati yang mereka miliki.

Dalam diskusi tersebut, Henry dengan tegas mendukung upaya kepelatihan Xavi di Barcelona, ​​​​terutama di musim yang ditandai dengan kritik substansial yang ditujukan kepada sang manajer. "Saya terkejut dengan pekerjaan yang telah Anda lakukan. Saya tidak peduli apa yang orang katakan. Anda memenangkan La Liga, jadi banggalah. Saya tahu Anda memang demikian," kata mantan penyerang itu, dikutip dari Barca Universal, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga

Mantan penyerang Arsenal itu menambahkan dirinya sangat bangga telah berada dalam satu lapangan dengan Xavi selama mereka berada di Barcelona. Ia menyebut telah mengambil banyak pelajaran dari manajer tersebut.

"Saya sangat bangga bisa berbagi lapangan dengan Anda. Anda mengajari saya banyak hal di Barca. Saya akan selalu mengingat hari ketika Anda membungkam saya dan berkata, ‘Bicaralah ketika Anda memenangkan sesuatu bersama Barcelona dan kemudian Anda akan mengerti apa arti klub ini.’ Jadi terima kasih untuk itu," ujarnya.

Xavi sudah menegaskan akan meninggalkan posisinya di Barcelona pada akhir musim. Sejauh ini, meski terdapat kaitan dengan perpindahan ke Timur Tengah, belum ada kepastian. Berbicara mengenai pemikirannya, Henry menambahkan bahwa pengetahuan sepak bola Xavi sangat fenomenal sehingga hanya Pep Guardiola yang berada di atasnya dalam hal tersebut.

"Otakmu, bagiku, adalah yang kedua; Saya pikir satu-satunya yang saya tahu di atas Anda adalah Pep dalam hal cara Anda menonton sepak bola. Jadi saya harap Anda segera kembali dan kami akan segera menemui Anda di lapangan. Saya tahu Anda masih punya musim dan sebagainya, tapi Anda tahu apa yang saya bicarakan, jadi tolong cepat kembali," kata Henry.

Menanggapi apresiasi Henry, Xavi pun membalasnya dengan berkata, "Titi, aku sangat mengapresiasi perkataanmu, kamu tahu aku sangat mencintaimu, kamu memberikan pengaruh yang besar di Barca dan kamu banyak membantu kami. Kamu adalah teman terbaik," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement