Sabtu 24 Feb 2024 14:19 WIB

Charles Leclerc Tercepat pada Tes Pramusim Hari Ketiga F1 2024 di Bahrain

Leclerc menyelesaikan 74 lap dan waktu putaran tercepat 1 menit 30,322 detik.

Pembalap Ferrari Charles Leclerc dalam tes pramusim di Bahrain
Foto: AP Photo/Darko Bandic
Pembalap Ferrari Charles Leclerc dalam tes pramusim di Bahrain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Ferrari Charles Leclerc mencetak waktu tercepat saat menjalani uji coba pramusim F1 2024 pada hari ketiga atau terakhir di Sirkuit Internasional Bahrain. Ia total menyelesaikan 74 lap dan waktu putaran tercepat 1 menit 30,322 detik, AFP melaporkan pada Sabtu (24/2/2024).

Leclerc unggul 0,046 detik atas George Russell (Mercedes), sementara Zhou Guanyu (Kick Sauber) secara mengejutkan menjadi yang tercepat ketiga pada uji coba pramusim tersebut.

Baca Juga

“Semua yang kami harapkan dari mobil ini kami dapatkan di lintasan, jadi itu hal yang bagus,” kata Leclerc.

Sementara itu, pembalap Red Bull Max Verstappen yang sangat difavoritkan untuk meraih empat gelar berturut-turut pada 2024 hanya menempati posisi keempat tercepat bersama. Selanjutnya pembalap RB Yuki Tsunoda melengkapi posisi lima besar.

Leclerc tak terlalu terbawa suasana dengan peluang Ferrari untuk menggeser dominasi Red Bull musim ini. “Untuk saat ini, Red Bull masih memiliki start yang bagus,” ujarnya.

Rekan satu tim Leclerc, Carlos Sains, yang menjadi pembalap tercepat pada sesi uji coba pramusim sehari sebelumnya, finis di urutan kesembilan. Ia berselisih waktu 0,925 detik dari pembalap Monaco tersebut.

Meski demikian, Sainz yang akan kehilangan kursinya di Ferrari tahun depan adalah satu-satunya pembalap yang mencatatkan waktu di bawah 1 menit 30 detik sepanjang sesi uji coba pramusim yang digelar selama tiga hari di Bahrain tersebut.

Di sisi lain, Mercedes tiba di Bahrain dengan mobil W15 yang sangat berbeda dari pendahulunya.

Pembalap utamanya Lewis Hamilton mengatakan mobil tersebut masih memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut agar performanya bisa maksimal. Terlebih, 2024 merupakan musim terakhirnya bersama tim berjuluk The Silver Arrows tersebut, sebelum akhirnya ia pindah ke Ferrari mulai musim 2025.

“Kami tahu kami punya pekerjaan yang harus diselesaikan dan kami belum mencapai tempat yang kami inginkan. Kami tahu hal itu akan terjadi jelang balapan perdana nanti. Kami punya platform yang bagus untuk dibangun. Kami akan berangkat dan bekerja keras selama beberapa hari ke depan untuk memeriksa semua data dari sesi uji coba ini,” kata Hamilton yang finis di urutan ke-12 pada uji coba pramusim terakhir di Bahrain.

“Saya sangat bersemangat untuk memulai musim F1 2024 pada pekan depan dan kami akan menghadapinya dengan kondisi yang baik,” ujarnya menambahkan.

F1 musim 2024 akan dibuka melalui Grand Prix Bahrain pada 29 Februari hingga 2 Maret.

Berikut 10 besar pembalap tercepat pada sesi tes pramusim hari ketiga di Bahrain.

Charles Leclerc (Ferrari) 1 menit 30,322 detik

George Russell (Mercedes) +0,046 detik

Zhou Guanyu (Kick Sauber) +0,325 detik

Max Verstappen (Red Bull) +0,433 detik

Yuki Tsunoda (RB) +0,453 detik

Alex Albon (Williams) +0,662 detik

Oscar Piastri (McLaren) +0,708 detik

Fernando Alonso (Aston Martin) +0,837 detik

Carlos Sainz (Ferrari) +0,925 detik

Sergio Perez (Red Bull) +1,161 detik

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement