Selasa 27 Feb 2024 09:00 WIB

Dipecat Birmingham City, Rooney Alih Profesi Jadi Pundit Sepak Bola

Rooney akan menjadi pundit pada laga Piala FA Nottingham Forest vs Manchester United.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Wayne Rooney jadi pundit di BBC untuk laga Piala FA.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Wayne Rooney jadi pundit di BBC untuk laga Piala FA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wayne Rooney akan tampil sebagai pundit sepak bola untuk laga Piala FA. Banyak yang telah dibicarakan tentang masa depan legenda Manchester United itu sejak dia dipecat sebagai manajer Birmingham City. Rooney dibebaskan dari tugasnya oleh Birmingham City tiga bulan setelah ia menandatangani kontrak tiga setengah tahun dengan the Midlanders.

Ada desas-desus bahwa mantan kapten Inggris itu bisa masuk ke ring tinju. Meski ia tidak akan mengenakan sarung tangan dalam waktu dekat, ia mungkin akan terlibat adu mulut dengan mantan pesepak bola lainnya di studio televisi.

Baca Juga

"Menonton liputan BBC tentang Piala FA setiap tahun selalu menjadi hal yang istimewa saat tumbuh dewasa. Saya sangat bersemangat untuk bergabung dengan tim untuk meliput pertandingan yang pastinya akan penuh aksi dalam kompetisi bersejarah ini," kata Rooney saat mengumumkan peran barunya.

Ia mengaku senang bisa tampil di depan kamera setelah bermain dan menjadi manajer di kompetisi sepak bola Inggris. Rooney berharap bisa membawa sebagian dari pengalaman di Piala FA itu ke dalam liputannya. Rooney akan berada di sofa BBC Sport saat Manchester United bertandang ke Nottingham Forest pada Kamis (29/2/2024).

Dia berharap bisa menjadi jimat keberuntungan bagi mantan timnya, yang tertinggal dalam perebutan empat besar setelah kalah 2-1 di kandang dari Fulham. Meskipun mantan striker ini akan memiliki pandangan analitis terhadap Setan Merah di studio, fokus utamanya adalah pada ambisi manajerialnya sendiri.

Setelah tampil mengesankan selama masa kerja yang tangguh sebagai manajer Derby County, Rooney menjalani masa kerja yang biasa-biasa saja bersama raksasa MLS DC United, sebelum ia menjadi manajer Birmingham City pada Oktober 2023. Meskipun masa kerja yang menyakitkan di Birmingham, Rooney ingin mendapatkan kesempatan lain di manajerial.

"Saya pikir saat ini saya ingin fokus untuk kembali ke dunia manajemen, bukan tinju," ujarnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement